Tingkatkan Kualitas SDM Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Manokwari Gelar Bimtek

  • Whatsapp

MANOKWARI — Guna meningkatkan kualitas SDM Perpustakaan pemerintah kabupaten Manokwari melalui dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyelenggarakan Bimtek Pengelolah perpustakaan sekolah di Aula STKIP Muhammadiya Manokwari (7/10/2020).

Kegiatan yang digelar secara virtual diikuti oleh 30 peserta  dengan rincian, Sekolah Dasar  sebanyak 15 orang dan Sekolah Menengah Pertama 15 orang yang dibuka  langsung oleh kepala dinas kearsipan dan perpustakaan Manokwari ditandai dengan pemukulan Tifa.

Kepala Bidang perpustakaan, Wiwik Hariawan S,Sos yang juga adalah ketua panitia Bimtek dalam laporannya menyebutkan bahwa  Kegiatan tersebut melibatkan narasumber sebanyak 7 orang yakni 6 orang dari Perpusnas RI dan 1 orang dari perpustakaan UNIPA.

Hariawan menjelaskan bahwa  pada pelaksanaan Materi Bimtek pada hari pertama  menggunakan media zoom yang disampaikan oleh narasumber dari perpustakaan nasional RI Dan hari kedua di Lanjutan dengan kegiatan praktek.

Lanjut Hariawan, kegiatan tersebut dimaksudkan  untuk meningkatkan  kemampuan SDM perpustakaan  dalam mengelolah  dan menata perpustakaam sekolah serta meningkatkan kemampuan  dan ketrampilan SDM perpustakaan dalam memberi layanan kepada  pemustaka  sesuai dengan  tuntutan kebutuahn informasi yang semakin berkembang.

Hariawan menambahkan bahwa setelah pelaksanaan   kegiatan bimtek  maka diadakan kegiatan lanjutan  yaitu minitoring dan evaluasi dari dinas kearsipan dan perpustakaan kab.Manokwari  bersama pengawas sekolah baik dari SD maupun SMP.

Hariawan mengakui bahwa di Manokwari penggunaan perpustakaan  sekolah sebagai sarana pembelajaran  dan sumber  pengetahuan masih jauh dari harapan  karena masih kueangnya minat  siswa   memanfaatkan  keberadaan perpustakaan  yang ada disekolah  karen adisebabkan oleh banyak hal baik yang bersifat  infrastruktur  maupun  suprastruktur diantaranya kualiatas SDM.

“Peran pengelolah perpustakaan sangat penting agar dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat dengan harapan keinginan pemustaka bisa dilayani dengan baik” kata Hariawan.

Sementara itu Kepala dinas kearsipan dan perpustakaan kab.Manokwari Drs Agustinus Moktis menyampaikan bahwa perpustakaan dan bahan bacaan adalah dua kata yang saling bertautan  karena diperpustakaanlah bahan pustaka sikumpulkan diproses dan disebarluaskan.

“Perpustakaan merupakan ujung tombak dari keberhasilan pembangunan manusia di bidang pendidikan  yakni dengan meningkatkan minat baca siswa dan merupakan tugas mulia yang harus didukung oleh semua pihak” kata Moktis.

Moktis mengungkapkan bahwa  Bimtek yang dilaksanakan  tersebut sangat baik dalam upaya meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan  pengelolah perpustakaan yang handal dan profesional disekolah sekaligus  berdmapak positif  bagi pengbnagan  informasi dan pendidikan di tengah masyrakat.

Pihaknya berharap  agar kegiatan tersebut diikuti  dengan baik oleh peserta  dengan rasa tanggungjawab sehingga  nantinya  memiliki ketrampilan yang lebih dalam mengelolah perpustakaan dan  masing-masing sekolah harus mampu melakukan terobosan dan inovasi dalam produk dan layanan  kepada siswa dalam menghadapi  perkembangan teknologi informasi.

” Kiranya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme pengelolahaan perpustakan sehingga keberadaan mampu  memainkan fungsi, peran dan kecerdasan siswa ” pungkas Moktis

Pos terkait