Tiga Pesan Penting Kapolda untuk Bintara Remaja Afirmasi Otsus

  • Whatsapp

MANOKWARI, Kabartimur.com – Membangun kepercayaan di Masyarakat, menjaga marwah tribrata, dan hindari tindakan yang mencoreng nama Institusi kepolisian. Tiga hal tersebutlah yang menjadi pesan penting Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing kepada pada 1.496 Bintara Remaja afirmasi Otsus Papua Barat, saat pembubaran Pembinaan dan Pelatihan, dihalaman Mapolda, Selasa (25/1).

“Wajib membangun kepercayaan di tengah masyarakat selaku pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat terutama di tanah Papua Barat, Jaga Marwah dan kehormatan Tribrata dan catur Prasetya dalam segala pelaksanaan tugas dan tanggung jawab saudara, Serta hindari pelanggaran yang dapat menodai nama institusi Polri,” Ujar Kapolda dalam amanatnya.

Menurut Kapolda, dilantiknya 1.496 Bintara Remaja afirmasi Otsus Papua Barat sebagai anggota Polri maka identitas mereka bukan lagi individu biasa melainkan seorang aparat penegak hukum yang mempunyai wewenang besar dan tidak boleh disalahgunakan.

Setelah mengikuti pendidikan SPN dan Binlat selama satu bulan, mereka akan ditempatkan di 10 Polres dan 3 Polres persiapan yang ada di Provinsi Papua Barat.

“Terima kasih juga kepada pelatih sekaligus pengasuh yang sangat berkontribusi dalam proses pendidikan karakter bintara remaja polda papua barat dalam suatu mekanisme pembinaan dan pelatihan yang berakulturasi dengan nilai-nilai kearifan lokal budaya serta adat istiadat yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat Papua Barat,” Katanya lagi.

upacara penutupan Pembinaan dan pelatihan Bintara Afirmasi Otsus ini disaksikan langsung oleh Staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Provinsi Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari, Ketua MRPB, Ketua Fraksi Otsus DPR-PB, Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Manokwari Selatan, Wakil Bupati Pegunungan Arfak, Bupati Kabupaten Tambrauw.

Terpisah, Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol. Adam Erwindi mengatakan, dari 1.496 bintara itu, sebanyak 269 Bintara diketahui masih menjalani pelatihan serupa di Mako Brimob Polda Papua Barat.

“Untuk yang 269 personil ini, mereka masih jalani Binlat di Brimob. Mereka Binlat 1 minggu setelah Binlat Bintara Otsus di gelar,” tambahnya. (TS)

Pos terkait