Sudahkan Pemkab Manokwari Sediakan Lahan Khusus Bagi Korban Covid-19?

  • Whatsapp

Manokwari—Abia Indou, Mahasiswa asal Manokwari yang saat ini tengah kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Jakarta, kepada media ini minta pemda Manokwari sediakan lahan khusus tempat pemakaman bagi korban covid-19.

Letak pemakaman yang dimaksud tidak boleh berdekatan dengan pemukiman warga dan pemakaman umum di Manokwari.

“Saya kira bukan hanya pembagian sembako yang saat ini gencar di lakukan oleh pemerintah, tetapi hal terpenting juga bagaimana memikirkan lokasi tempat pemakaman bagi pasien covid-19 yang meningga'” kata Abia Indou, Minggu (3/5/20).

Aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jakarta ini khawatir, ketika penyediaan lahan tidak di pikirkan, kedepan akan menimbulkan persoalan baru dengan masyarakat yang belum memiliki kesadaran dan sensitifitas terhadap korban yang terkena virus menular itu.

Masyarakat di Manokwari sejauh ini di beberapa tempat melakukan aksi penolakan terhadap para pasien corona, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di tempat karantina Balai Latihan Koperasi disusul aksi pemalangan di jalan dan akses masuk rumah sakit provinsi Papua Barat di Marina.

“Kita harus membantu pemerintah dalam upaya pencegahan virus ini, bukan hanya memberikan stigma terhadap pasien, tetapi perlu kedaran bersama terutama rasa empati terhadap para pasien,” jelas kata Indou.

Dia berharap lahan khusus untuk tempat pemakaman korban virus corona ini sudah ada sehingga kedepan ketika ada korban, penanganan pemakaman harus berdasarkan protokoler covid-19 serta di makamkan di tempat yang sudah tersedia.

“Kalau pun memang pemerintah sudah menyediakan lahan itu jauh lebih baik, tapi jika belum ada harusnya sudah mulai terfikirkan oleh Pemerintah,” ujarnya.

Terpisah, Juru Bicara Pencegahan covid-19 Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap mengakui pemkab Manokwari telah menyediakan untuk lahan khusus bagi pemakaman pasien covid-19.

“Pemerintah Manokwari sudah menyediakan lahan khusus,” Kata dr. Arnoldus Tiniap saat dikonfirmasi Minggu, 3 Mei 2020.

Lebih lanjut dia mengatakan, lahan yang di sediakan oleh Pemerintah Kabupaten Manokwari saat ini terpisah dari tempat pemakaman umum TPU yang sudah ada.

“Lokasi yang disediakan khusus untuk pasien Covid19 di tempat lain,” pungkas Tiniap. (Ad)

Pos terkait