Angka Positif Corona di Papua Barat Terus Bertambah, Jubir : Itu Baik, Artinya Satgas Mengungkap Kasus

  • Whatsapp

Manokwari—Juru bicara Gugus Tugas Pencegahan Corona Virus Disease (Gustus Covid19) Papua Barat, dr. Arnoldus Tiniap, mengatakan dengan bertambahnya angka positif corona di Papua Barat menunjukkan bahwa kinerja satgas dalam mengungkap kasus pengidap virus corona berjalan dengan baik.

Diketahui, data terbaru ditemukan kasus positif per 2 Mei 2020 kemarin, bertambah lagi 1 orang dari Kabupaten Manokwari, sehingga keseluruhan positif Covid-19 di Papua Barat mencapai 43 orang.

“Sebenarnya dengan meningkatnya kasus yang dilaporkan itu sebagian dari upaya juga, bagian dari kerja satgas dalam mengungkap kasus, teman-teman satgas aktif melakukan tracing, kemudian mengidentifikasi kelompok beresiko, terus memberikan swab untuk di periksa tanpa sadar dengan sendirinya kita mengungkap kasus, ” kata dr. Arnoldus Tiniap, Minggu 3 Mei 2020.

Secara etimologi kata dia, penyebaran virus corona ini sudah hampir menyebar merata di seputaran wilayah Papua Barat, kecuali di beberapa kabupaten yang bukan merupakan pintu masuk utama, seperti di Manokwari, Sorong dan Teluk Bintuni.

Baca Juga :   Gugus Tugas Covid-19 Kab. Manokwari tidak merekomendasikan perjalanan ke luar daerah

“Seperti di Kabupaten Fakfak, Kaimana, Raja Ampat maupun mmdi Kabupaten Sorong secara etomologi kita melihat kasusnya sudah ada tinggal kita mau aktif melakukan pemeriksaan maka kita temukan kasus,” jelasnya sembari menegaskan bahwa bukan berarti di daerah-daerah yang dalam laporan belum ditemukan kasus dikategorikan aman.

“Itu bisa saja tidak ada kasus karena mereka tidak melakukan upaya mengungkap kasus dalam proses pemeriksaan, kemarin kan saya sempat singgung bahwa masyarakat harus siap ketika ada alat PCR di sini kemudian dilakukan pemeriksaan massal, jangan kaget kalau tiba-tiba terjadi lonjakan kasus yang membludak,” jelasnya.(AD)

Pos terkait