Silahturahmi Bersama Pj Gubernur Papua Barat, Bupati Sampaikan Hal Penting!

Manokwari, kabartimur.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat didampingi Ketua TP PKK melakukan kunjungan kerja dalam rangka silahturahmi bersama pemerintah Kabupaten Manokwari, senin (6/11/2023).

Kedatangan Pj Gubernur Papua Barat bersama rombongan disambut langsung oleh bupati Manokwari didampingi ketua TP PKK Kabupaten Manokwari dan seluruh pimpinan OPD di halaman Kantor bupati Sogun dengan prosesi adat injak piring dan tarian adat.

Bacaan Lainnya

Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam laporannya menyampaikan ucapan terimah kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Pj Gubernur bersama ketua TP PKK dan rombongan ke pemerintah kabupaten Manokwari.

Dirinya mengungkapkan dukungan penuh atas jabatan baru Pj Gubernur sekaligus menjadi sekertaris daerah provinsi dan merupakan sejarah yang luar biasa.

“Pencapaian dan torehan dalam dua jabatan tidak hanya menjadi kebagiaan keluarga namun pemerintah kabupaten dan seluruh masyarakat provinsi Papua barat ikut berbahagia terlebih khusus dalam melaksanakan tugas akan banyak menghabiskan waktu di Manokwari” kata Bupati.

Bupati mengakui bahwa kunjungan ini merupakan tradisi yang sama dirintis oleh Pj Gubernur Paulus Waterpau sebelumnya.
“Dengan kunjungan kami yakin dan percaya bapak akan melakukan roda pemerintahan dan akan melihat kabupaten Manokwari sebagai ibukota provinsi dan akan mendapat perhatian kedepannya” Harap Bupati.

Baca Juga :   LHKPN Pemprov Papua Barat Tahun 2019 Baru mencapai 15 persen

Dihadapan Pj Gubernur Bupati melaporkan kondisi pemerintahan dan pembangunan yang ada di kabupaten Manokwari dengan potensi wilayah dan penduduk dan sejumlah program strategis yang akan mendapat perhatian serius.

Menurutnya dalam rangka mendorong percepatan pembangunan, pemkab Manokwari telah menyusun dan menetapkan program strategis yang diharapkan mampu merubah kota Manokwari untuk memiliki wajah yang kompetetif kedepan.

Bupati menyebut bahwa pemkab Manokwari telah mengusung program strategis setelah sebelumnya Pj Gubernur Paulus Waterpau melakukan kunjungan perdana ke Manokwari dan apa yang telah dirintis oleh mantan Pj Gubernur bisa dilanjutkan dan dukungan dari Penjabat yang baru sangat diharapkan.

Menurutnya, Urgensi program strategis karena Kabupaten Manokwari sebagai ibukota provinsi Papua Barat dimana Manokwari adalah refresentase , etalase dan citra kemajuan provinsi papua barat.

Selain itu Manokwari merupakan ibukota yang tertinggal dari ibukota provinsi lainnya di Indonesia, juga dihadapakan masih banyaknya masalah seperti kemiskinan ekstrim, stunting, terbatasnya kapasitas infrastruktur, kawasan kumuh yang dominan maraknya penyakit sosial.

Baca Juga :   Dinas Pendidikan Papua Barat Segera Keluarkan Surat Edaran Sistem Pembelajaran Tatap Muka

Bupati menekankan, pemerintah kabupaten dan provinsi pemerintah papua barat menempati Manokwari sebagai rumah bersama dan berharap kolaborasi sinergi dalam membangun kabupaten Manokwari.

Bupati menambahkan, bahwa 23 tahun provinsi Papua barat dan ibukota Manokwari namun masih terbatas dan minim perhatian pembangunan dan secara politis dan historis kabupaten Manokwari memiliki andil yang besar dalam memperjuangkan proses reaktivisasi.

Tak lupa Bupati memaparkan 5 program strategis nasional yang saat ini sedang dalam proses pembangunan yakni Pasar Sanggeng, RTP Burarsi, Bandara udara Rendani, Jalan Sujarwo-Condronegoro, dan Gedung Mambruk.

Selain itu juga bupati memaparkan 4 program infrastruktur lainnya yang telah diusulkan kepada Presiden Republik indonesia dan telah disetujui sehingga berharap Pj Gubernur baru akan melanjutkan yakni pembangunan jembatan Pepera 1969, pembangunan gedung PI, Pembangunan stadion Mini Hebo Kridatama, dan penataan kawasan Manokwari umum centercenter dan ada beberapa usulan lainnya yang diharapkan ada sinergitas dari pemerintah Papua Barat untuk membangun Manokwari.

“Pemkab Manokwari membutuhkan bantuan keuangan untuk akselerasi beberapa program strategis dan berharap Pj Gubernur bisa memprioritaskan sebagai ibukota provinsi yang diharapkan akan memberikan manfaat nyata dan signifikan bagi kesejahteraan masyarakat. Dukungan dari pemerintah provisni papua barat akan menjadi dorongan besar bagi percepatan realiasiasi pembanginan infrastruktur strategis” Harap bupati.

Baca Juga :   Diduga Pelaku Yang Semprot Air Ludah Petugas Counter Batik Air Adalah Oknum Anggota DPRD dari Raja Ampat

Menanggapi itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Ali Baham Temongmere M.TP dalam penyampaiannya optimis pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan menyepakati perubahan wajah Manokwari kearah yang lebih baik dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat , pendidikan dan kesehatan.

Terkait dengan program strategis pemerintah kabupaten Manokwari, Ali Baham berjanji untuk berjuang bersama agar bisa mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

“Wajah Manokwari akan dilakukan kearah perubahan dan kita semua akan menjadi agen perubahan dan semua opd wajib mendukung” Harapnya

Ali baham menegaskan agar pihak keamanan bisa memastikan situasi dan kondisi Manokwari dalam keadaan kondusif agar fungsi pelayanan publik bisa berjalan dengan baik, terlebih khusus dalam menghadapi pesta demokarasi yang akan dihelat secara serentak di tahun 2024 mendatang.

Sementara Terkait Usulan kabupaten Manokwari akan dikoordinir dan akan disinkronkan dengan kondisi kemampuan keuangan dan akan bersama-sama berjuang ke pusat dan Meminta dukungan dalam menjalankan pemerintahan sebagai amanah yang telah dititipkan. Bantu saya melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan menghadapi pemilu nanti kita bisa pastikan berjalan dengan baik dan lancar” Pungkasnya.( Red/*)

Pos terkait