Pulau Roon dalam Perspektif Indubri-Matani : Industri Pariwisata harus Bangkit, Anak Muda Roon Disiapkan Jadi Manajer

  • Whatsapp

WASIOR – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Teluk Wondama Paulus Indubri-Kuro Matani telah mempersiapkan rencana besar untuk membuat Pulau Roon menjadi kawasan pariwisata unggulan.

Duet Indubri-Matani (IDAMAN) menjanjikan pengembangan pariwisata berbasis kearifan lokal di mana masyarakat setempat ikut terlibat secara aktif sebagai perencana hingga menjadi pelaku dari aktivitas pariwisata itu sendiri.

Bacaan Lainnya

Dalam kampanye terbatas di Kampung Yende, ibukota Distrik Roon, beberapa hari lalu, paslon nomor urut 3 menyatakan telah menyiapkan strategi khusus untuk membuat industri pariwisata Pulau Roon bisa bangkit dengan cepat namun tidak meninggalkan adat istiadat dan nilai-nilai lokal yang dianut masyarakat setempat.

Baca Juga :   Sampah Plastik Ancaman Nyata Kelestarian Taman Nasional Teluk Cenderawasih

“(Industri) Pariwisata kita harus buat. Makanya anak-anak muda kita ajar untuk mensiasati rumahnya jadi tempat tinggal turis. Bagaimana orang bisa tidur nyaman. Anak-anak itu kita siasati jadi manajer pariwisata jadi bukan hanya jadi penonton saja, “kata Paulus Indubri.

Di hadapan massa yang menyambut mereka dengan penuh antusias, Wakil Bupati Teluk Wondama petahana itu menegaskan, pembangunan pariwisata Pulau Roon harus seiring sejalan dengan penyiapan SDM masyarakat setempat.

Hal itu untuk menjaga agar masyarakat lokal tidak sekedar menjadi obyek dari pembangunan tetapi memastikan mereka tetap menjadi ‘tuan rumah’ di atas tanah kelahiran mereka.

Karena itu selain penyiapan infrastruktur, peningkatan aktivitas promosi dan pengembangan industri pariwisata dengan menggandeng pihak ketiga, bagian penting yang jadi perhatian adalah menyiapkan SDM masyarakat Roon terutama generasi muda melalui pendidikan yang baik dan berkualitas.

Baca Juga :   13 Kampung di Teluk Wondama Jadi Kampung Keluarga Berencana

Indubri memastikan, jika terpilih dalam Pilkada 2020, secara berkelanjutan anak-anak muda Pulau Roon yang berpotensi akan direkrut untuk selanjutnya dikirim mengikuti pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata dan kelautan.

Dia mengklaim, langkah awal ke arah itu sudah  dimulai saat ini melalui kursus Bahasa Inggris bagi anak usia SD dan SMP di Pulau Roon yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Jadi siap anak-anak muda Roon, siap nona-nona Roon, kita akan berlari lebih cepat. Pada saatnya saya akan datang bawa kamu. Tinggal tunggu saja asal pilih kami berdua.

Karena potensi di sini sangat menjanjikan itu yang saya minta kesediaan anak muda di Roon, kami akan siapkan adik-adik semua menjadi manager pariwisata, “tandas Indubri.

Pariwisata erat kaitannya dengan industri kreatif. Itu sebabnya, calon wakil bupati Kuro Matani menyatakan, pasangan IDAMAN akan membuka ruang pengembangan kreativitas anak muda termasuk untuk para pemuda di Distrik Roon.

Baca Juga :   Update Covid-19 Wondama : 184 Sembuh, 17 Masih Dirawat

“Kita akan siapkan anak muda Roon untuk jadi pemain di bidangnya mau di pendidikan, medis, maupun pariwisata dan juga perikanan. Kita perkenalkan dengan teknologi informasi, jadi semua nanti cukup pakai HP saja.

Adik-adik bisa menjual produk kreativitasnya cukup dengan HP saja tidak perlu datang ke Wasior lagi, “ucap eks Ketua DPRD Wondama itu. (Nday)

Pos terkait