Permudah Akses Transportasi Antar Wilayah, Pemkab Wondama Perpanjang Kerja Sama dengan KM Ekspres Bahari

WASIOR, Kabartimur.com– Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat kembali memperpanjang kerja sama dengan PT Belibis Papua Mandiri dalam rangka penyediaan jasa transportasi laut bagi masyarakat.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor mengatakan kerja sama dengan PT.Belibis Papua Mandiri selaku operator kapal KM Ekspress Bahari dilakukan dalam rangka optimalisasi pelayanan transportasi laut.

Ini dilakukan untuk memudahkan akses transportasi antarwilayah maupun antarpulau di dalam daerah.

“Dengan kondisi daerah kita terdiri dari pesisir, pulau maka sarana transportasi laut menjadi keharusan. Mau tidak mau harus kita lakukan (penyediaan sarana transportasi laut yang memadai), “kata bupati di sela-sela penandatanganan MoU antara Pemkab Teluk Wondama dengan dan PT. Belibis Papua Mandiri.

Penandatanganan MoU atau nota kesepahaman dilakukan di ruang rapat rumah dinas Bupati Teluk Wondama di Manggurai, Wasior, Jumat, 22 Maret 2024.

Baca Juga :   Corona di Wondama Tembus 100 Kasus, Dua Pejabat Pemkab Ikut Terinfeksi

Adapun bentuk kerja sama dengan PT. Belibis Papua Mandiri yang mengoperasikan KM Ekspress Bahari dilakukan dengan pola subsidi. Pemkab menyediakan anggaran dari APBD untuk mensubsidi harga tiket kapal sehingga harganya menjadi lebih terjangkau.

Selain KM Ekspress Bahari, Pemkab Teluk Wondama juga menjalin kerja sama dengan kapal swasta lainnya yakni KM Margareth untuk melayani rute Manokwari-Wasior PP.

Menurut bupati kehadiran dua kapal swasta itu sebagai transportasi antarwilayah dan antarpulau tidak hanya membuka isolasi daerah namun telah mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah pesisir dan pulau-pulau.

“Kemarin saya bincang-bincang santai dengan Pak Wakil (Wakil Bupati Andarias Kayukatuy) ada guru yang kemarin kita lantik itu tidak mau dipindahkan karena merasa betah di tempat tugas (tugas di pulau terluar), “cerita bupati.

“Karena kapal yang masuk ini dia punya barang (jualan) rutin di situ. Jadi sambil melaksanakan tugas sebagai guru dia juga berjualan. Ini fakta di lapangan bahwa ada manfaat yang dirasakan, terutama manfaat ekonomi, “lanjut Mambor.

Baca Juga :   Mambor-Andi Lolos Jalur Independen, KPU Wondama : Kami Bekerja Sesuai Prosedur dalam UU

Itu sebabnya bupati mengharapkan masyarakat terutama di pesisir dan pulau-pulau yang disinggahi KM Ekspress Bahari memanfaatkan peluang ekonomi yang timbul dari kehadiran kapal tersebut.

“Jadi ini terobosan kebijakan untuk menjamin akses transportasi yang mudah dan murah bagi masyarakat tetapi juga untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat. Itu yang kita harapkan, “sambung orang nomor satu Wondama ini.

Kepala Cabang PT.Belibis Papua Mandiri, Nasrudin mengatakan sesuai MoU yang telah diteken bersama, pihaknya akan berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Nasrudin menyebut kapal KM Ekpress Bahari yang saat ini masih menjalani docking akan segera beroperasi kembali sehingga dalam waktu dekat rute Manokwari-Wasior PP akan dilayani dua unit kapal KM Ekspress Bahari.

“Untuk menghadapi satu abad (Perayaan Satu Abad Tanah Peradaban pada 2025), rencananya kami akan gantikan kapal yang merah putih dengan kapal yang lebih besar sehingga bisa lebih maksimal nanti. Mudah-mudahan awal tahun depan sudah bisa, “kata Nasrudin.

Baca Juga :   Deklarasi Netralitas ASN dalam Pemilu 2024, Sekda Waroi : Kalau Mau ke Kiri atau ke Kanan, Risiko Tanggung Sendiri

Turut hadir dalam penandatanganan MoU Pemda dengan PT. Belibis Papua Mandiri, Wakil Bupati Andarias Kayukatuy, Sekda selaku Plt Kepala Dinas Perhubungan Aser Waroi dan beberapa kepala OPD terkait. (Nday)

 

Pos terkait