Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Tana Toaja Ikuti Upacara Secara Virtual

Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung dan Wakil Bupati Zadrak Tombeg Foto bersama Forkopimda usai Peringati hari lahir Pancasila, 1 Juni 2022 secara Vritual di Rujab Bupati Tana Toraja

Tana Toraja Kabartimur.Com

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila, 1 Juni 2022. Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung dan Wakil Bupati Tana Toraja Zadrak Tombeg bersama beberapa Forkopimda Berseragam Baju Adat Toraja. Seluruh peserta mengikuti secara seksama jalannya upacara di Rujab Bupati Tana Toraja secara virtual, Rabu (01/06/22).

Hadir dalam upacara tersebut diantaranya, Dandim 1414/Tator, Letkol Inf. Amril Hairuman Tehupelasury, SIP, Kapolres Tana Toraja AKBP. Juara Silalahi, SIK, MH, Ketua DPRD, Wellem Sambolangi, Kajari Makale, Herianto Laso’ Paundanan, SH, MH, dan Ketua Pengadilan Negeri Makale. Rustam SH, MH.

Upacara yang dipimpin Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, terpusat di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa peringatan hari lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ditempat yang bersejarah ini, Ir. Soekarno, selaku Proklamator Kemerdekaan NKRI, sekaligus pendiri bangsa merumuskan Pancasila menjadi Dasar Negara Indonesia. Hal tersebut dikatakan Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara.

Baca Juga :   Brigjen Pol. Kushariyanto Buka Puasa Bersama dengan Personil POS PAM Makale Toraja

Lebih lanjut, Jokowi juga mengajak anak-anak bangsa untuk mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila yang menjadi Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

‘’Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak bangsa dimanapun berada, untuk bersama-sama membumikan Pancasila, serta mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain pemersatu bangsa, Pancasila juga telah menjadikan kita kuat dalam menghadapi tantangan dan ujian,’’ tuturnya.

Diakhir sambutannya, Presiden RI ke-7 tersebut mengingatkan generasi muda menjiwai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. ‘’Dalam perjalanan sejarah bangsa, NKRI bisa berdiri kokoh dan menjadi negara kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan Pancasila. Untuk itu, melalui kesempatan ini, saya ingatkan kepada kita semua khususnya generasi muda senantiasa betul-betul menjiwai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,’’ tutur Jokowi.

Sementara Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung usai upacara secara virtual mengatakan “Hari lahir Pancasila ini merupakan momentum bagi kita untuk melakukan perenungan kembali tentang betapa besar arti dan makna dari persatuan dan kesatuan bangsa ini, karena kita sudah yakini bersama, itulah yang membawa Negara Indonesia menjadi Negara yang diperhitungkan dalam kancah dunia”.

Baca Juga :   Ikatan Remaja Kolai (IRK), Binaan Karang Taruna Desa Kolai Hidupkan Minat Baca lewat Pengenalan Perpustakaan.

Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Tana Toraja, mari kita jadikan Pancasila sebagai ideologi kita, guru kita, penuntun kita dalam melaksanakan aktifitas-aktifitas kemasyarakatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara”. Tutup Theofilus Allorerung.

Begitu juga dengan Kapolres Tana Toraja AKBP. Juara Silalahi, SIK, MH juga berharap agar momentum Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dijadikan landasan untuk mengingat kembali cita-cita pendirian bangsa Indonesia.

“Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tahun, itu untuk mengingatkan kembali kepada kita semua tentang cita-cita dari pendirian bangsa ini, cita-cita luhur dari para Pahlawan kita, yaitu negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Saat ini berbagai cara positif yang dapat dilakukan sebagai penjabaran dari cita-cita bangsa kita ini, salah satunya adalah menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif sebagai syarat penting untuk menumbuhkan kembalil ekonomi masyarakat, karena situasi yang nyaman dan aman akan menggairahkan kembali roda perekonomian masyarakat yang selama 2 tahun terakhir dilanda oleh Pandemi Covid -19, ayo kita bangkit kembali menyongsong masyarakat yang adil dan makmur “. Seru Kapolres Tana Toraja AKBP. Juara Silalahi. (tts)

Pos terkait