Perahu Hias Semarakan HUT Bhayangkara ke 76 Tahun

MANOKWARI, Kabartimur.com- Sebanyak 60 perahu nelayan ramaikan lomba perahu hias yang dilaksanakan kepolisian resort (Polres) Manokwari, dalam rangka hari ulang tahun Bhayangkara ke 76, Selasa (27/6).

Berbagai model dan dekorasi kapal ditampilkan oleh peserta lomba perahu hias, mulai bermacam ornamen cat kapal yang warna-warni sampai aneka warna bendera dikibarkan.

Penampilan perahu hias tersebut memberikan tontonan menarik bagi warga yang tinggal di sekitar Teluk Sawaibu, Manokwari.

Kapolres Manokwari, AKBP Parasian Herman Gultom menyebutkan sebanyak 54 perahu nelayan ikut meramaikan kegiatan terasebut.

“Tidak usah melihat siapa yang menang atau kalah, tetapi jadikan ini sebagai bentuk kebersamaan polri dan Masyarakat dalam memeriahkan Hari Bhayangkara,” kata dia.

Lomba tersebut juga digelar untuk mewujudkan pelestarian kultur budaya lokal, dimana sebagian besar masyarakat Manokwari berprofesi sebagai nelayan.

Baca Juga :   Sosok Bram di Mata Ketua DRP PB Pieters Kondjol

ā€¯Pemberdayaan potensi masyarakat yang berkaitan dengan kultur dan budaya, itu bagian yang ditangkap oleh polres Manokwari dan kemudian dijadikan satu sarana untuk mendekatkan diri kepada masyarakatā€¯ kata dia.

Salah seorang peserta perahu hias Yulianus Koromat, mengaku senang atas penyelenggaraan lomba tersebut, jika dilaksanakan rutin akan menjadi daya tarik untuk orang lain datang ke Manokwari.

“Khusus dari daerah asal kami, menghias perahu seperti ini hanya dilakukan saat ada prosesi antar mas kawin (meminang),” kata dia.

Yulianus berharap, kedepan pelaksanaan lomba perahu hias dapat dilaksanakan rutin untuk memperkenalkan budaya lokal bernuansa bahari tersebut. (Red/TR)

Pos terkait