Pengembangan SMART CITY di Manokwari Gunakan Kartu TapCash Multifungsi

MANOKWARI- Dalam pengembangan “Smart City” atau Kota Cerdas di kabupaten Manokwari, pemerintah daerah telah melakukan kerjasama sejak 24 mei 2019  di Hotel Aston Manokwari yang mana Kerjasama penerapan konsep Smart City tersebut ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama, Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan antara alm. Bupati  Manokwari , Demas Paulus Mandacan dengan Kepala Perwakilan BNI wilayah Papua dan Papua Barat Setiawan Jahja Adhie dan kabupaten Manokwari sebagai kabupaten yang  pertama melaunching Smart City  untuk wilayah Papua dan Papua Barat.

Dalam penerapan Smart City di Manokwari menggunakan kartu alat pembayaran yang multifungdi dan telah didesaign khusus sesuai permintaan oleh pemda Manokwari  yaitu kartu TapCash yang mana penggunaan kartu ini multi fungsi dan bisa digunakan di seluruh indonesia.

Bacaan Lainnya

Baca Juga :

Terapkan Konsep Smart City Pemkab Manokwari Gandeng BNI

Wakil pimpinan Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Manokwari , Roby H Yawan kepada media mengatakan bahwa penggunaan kartu tapcash tersebut merupakan alat pembayaran yang digunakan oleh masyarakat dan multifungsi termasuk bisa digunakan dipusat perbelanjaan dalam memudahkan pembayaran dan penggunaanya sangat mudah.

Baca Juga :   Bupati Manokwari: Keberadaan Masyarakat Minang di Manokwari Karena Kehendak Tuhan

Roby mengemukakan bhawa untuk mendapatkan kartu Tapcash tersebut sangatlah muda,dengan cara mendatangi kantor BNI terdekat dengan mengisi formulir dan melampirkan KTP yang kemudian datanya akan diinput disistem  agar saat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu tersebut  dapat langsung terintegrasi  di sistem online.

“Khusus untuk e-retribusi sampah, kartu akan diregistrasi agar setiap pembayaran dapat teridentifikasi dengan sistem Pemkab (Bapenda) yang mana secara real time dapat dilihat pada sistem yg dikelolah oleh Bapenda Kabupaten Manokwari saat ini” kata Roby.

Adapun kartu tersebut kata Roby berlaku untuk semua akses baik masuk tempat wisata seperti di Raja Ampat, pembayaran Tol, dan tempat-tempat yang bisa  menggunakan tupcash di seluruh indonesia dan bisa melakukan topup  di chanel-chanel BNI, counter BNI, maupun melalui Mobile Banking yang muaranya kepada kepuasan pelanggan dalam bertransaksi.

” Kartu tapcash ini kami sudah terbitkan  dan sudah berjalan sebagai alat pendukung pembayaran di Manokwari dalam membayar retribusi dan penggunaannya juga multifungsi, bisa digunakan untuk pembayaran apa saja baik di manokwari maupun di luar manokwari karena ini adalah e-Money yang didalamnya bisa dilakukan TopUp di chanel-chanel BNI maupun mobile banking  dan penggunaannya sangat mudah” terang Roby.

Baca Juga :   Dukung Smart City Kabupaten Manokwari, BNI Siapkan Layanan Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Terintegrasi

Roby menyebutkan bhawa saat ini  untuk retribusi (Sampah dan Pasar)  BNI telah mencetak kartu tupcash sebanyak   1800 dan itu dilakukan bertahap sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh pemda dan sudah berjalan di 9 kelurahan dan hampir terealiasi yang secara realtime dipantau oleh Bapenda secara otomatis di sistem yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

“Begitu masyarakat membayar secara otomatis langsung terbaca oleh sistem yang diterpantau oleh bapenda dan berharap kedepan semuanya  menggunakan kartu dalam melakukan transaski” harap Roby.

Untuk Manokwari sendiri kartu Tapcash sudah bisa digunakan di toko swalayan seperti HADI dan ORCHID.

Roby menjelaskan bahwa BNI dalam mendukung  pemda dalam melayani masyarakat,  Benefit bagi pemda yakni  terciptanya good governance dalam pengelolaan keuangan dan pelayanan publik, layanan masyrakat yang terpadu dan bebas pungli, penerimaan pajak dan retribusi daerah menjadi cepat dan tepat, meningkatnya penerimaan pajak dan retribusi daerah sedangkan bagi masyrakat yakni  penerimaan daerah, pengelolahaan dan penggunaan dana menjadi transparan yang mengakibatkan kepercayaan pada pemerintah meningkat, pelayanan publik menjadi adil, sederhana cepat, mudah , terbuka , wajar dan terjangkau serta kemudahan akses channel pembayaran dimana saja dan kapan saja, dan mendapatkan kepuasan karena meningkatnya mutu layanan.

Baca Juga :   Musda KKSS Ke- VI dan Muscab Ke-II PC IWSS Diharapkan Mampu Membina Warga KKSS dan Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan di Manokwari

Selain itu kata  Roby, Pihaknya juga terus mengembangkan sistem pembayaran yang terintegrasi dengan menggunakan kartu pada dunia pendidikan (e-dupatrol), kesehatan (e- hospital), e-transportasi dan pihaknya mengapresiasi pemda manokwari yang telah  mempercayakan BNI untuk mendukung program pemerintah  dalam rangka mendukung Smart City  dan berharap kedepannya terus dikembangkan pelayanan ini kepada masyarakat  sehingga apa yang diharapkan bisa terwujud.

Sebagaimana diketahui bahwa Smart City merupakan sebuah visi pengembangan perkotaan untuk mengintegrasikan  teknologi informasi dan komunikasi beserta  teknologi internet untuk semua dengan cara aman untuk mengelolah aset kota dan Setelah sukses mewujudkan layanan perbankan berbasis digital di indonesia,  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Manokwari untuk mendukung optimalisasi pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah (Pemda) lewat penerapkan konsep Smart City.

Program tersebut sebagai wujud dukungan terhadap pemerintah dalam penerapan cashless society di lingkungan pemerintah daerah. Solusi Smart City yang diterapkan ditahap awal dan sudah berjalan sampai saat ini yakni Retribusi dan berikutnya akan melanjutkan sesuai kebutuhan pemda yakni  pendidikan,  kesehatan dan lainnya akan menyesuaikan kebutuhan pemda, diera digital untuk mendukung kinerja pemerintah.(Red)

Pos terkait