Pemuda Muhammadiyah Haltim Panen Raya Jagung

  • Whatsapp

HALTIM,Kabartimur.Com – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Provinsi Maluku Utara (Malut), melakukan panen raya jagung.

Panen itu dilakukan langsung oleh Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub, Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Maluku Utara Faujan A. Pinang, Keua PDPM Haltim Sukri Abdullah, perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Haltim, Kepala Dinas Pertanian Haltim dan beberapa stakeholder terkait.

Ketua PDPM Haltim, Sukri Abdullah dalam sambutannya menyampaikan, panen jagung yang dilakukan hari ini juga bagian dari memeriahkan Milad ke-90 Pemuda Muhammadiyah yang jatuh pada 2 Mei 2022 kemarin dan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Haltim.
Menurutnya, lahan yang dikelola seluas 1 hektar lebih ini seuanya diisi dengan jagung dan alhamdulillah hari ini bisa dilakukan panen. Kata Sukri, meskipun dikelola apa adanya tapi hasilnya sangat memuaskan dan ini merupakan langkah awal.
“Kedepan kebun ini terus dikembangkan dan akan melibatkan masyarakat sekitar,” ujar Sukri.

Dia menambahkan, setelah dari jagung ini akan dilanjutkan dengan buah-buahan dan tanaman hortikultura.
Sementara Ketua PWPM Provinsi Maluku Utara, Faujan A. Pinang menyampaikan apresiasi kepada PDPM yang sudah melaksanakan program dibidang pertanian yang melibatakan para pemuda, karena saat ini sudah ada beberapa PDPM yang melaksanakan program yang sama.

“Saya berharap kebun ini terus berlanjut dan melibatkan banyak orang, terutama para pemuda yang ada di Halmahera Timur,” harapnya.

Faujan mengaku, saat ini pasar untuk hasil pertanian di Maluku Utara sudah terbuka lebar tidak seperti beberapa tahun lalu. Hal ini dibuktikan dengan pendapatan petani terus meningkat dan banyak orang mulai cenderung bertani.

“Hasil pertanian saat ini sangat menjanjikan, karena jumlah penduduk Maluku Utara terus meningkat dengan adanya berbagai perusahaan pertambangan, maka kebutuhan juga meningkat,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Bupati Haltim Ubaid Yakub mengaku, ini adalah sebuah keistimewaan yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah. menurutnya, Pemuda Muhammadiyah telah berkontribusi besar dengan melihat keberlanjutan dan keberlangsungan masyarakat di kabupaten Haltim, salah satunya adalah memberikan sugesti bahwa hidup ini harus banyak hal yang dilakukan.
“Mudah-mudahan, hari ini jagung besok mungkin tanaman lain dan seterusnya. Itulah pemuda tidak hanya berselancar di dunia yang implementatif. Apa yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah hari ini langsung dinikmati masyarakat, kita di stakeholder lain membutuhkan waktu yang lama,” ujar bupati.

Bupati berharap, ini tidak boleh berhenti sehingga keterlibatan dari semua bidang atau stakeholder tinggal dibicarakan saja.
“Tidak dibatasi ruang dan waktu, tinggal kita mau atau tidak. Sekali lagi terima kasih banyak Pemuda Muhammmadiyah, langkah kongrit itulah yang jadi utama sambil tidak mengabaikan hal-hal lain,” tutur mantan Kadis Pendidikan Haltim ini.

Lanjut bupati, Pemuda Muhammadiyah sudah tunjukan bahwa mereka sudah berbuat, maka semoga ini menjadi dorongan dan semnagat bagi semuanya, termasuk bagi pemerintah daerah.
“Saya berharap kedepan sudah melibtakan masyarakat, dengan cara membuat kelompok sehingga menjadi massal, agar kehadiran Pemuda Muhammadiyah benar-benar dirasakan masyarakat,” harapnya.
(Red/Ruslan)