Meriah!! Peringatan HUT Pattimura di Manokwari

  • Whatsapp

MANOKWARI, kabartimur.com – Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-205 tepatnya 15 Mei 2022 di Kota Manokwari,Provinsi Papua Barat berlangsung meriah, Senin (16/5/2022)

Dibawah sorotan tema “Maluku Bangkit Bersatu” dan sub tema dengan memperingati HUT ke-205 kita bangkitkan semangat persatuan orang bersaudara di Manokwari.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diawali dengan pawai obor dan tarian cakalele oleh pemuda Maluku Utara, Tengah dan Tenggara dari lampu sinar suri melintasi Jalan Pahlawan, jalan Soejarwo Condronegoro, Jl Yos Sudarso belok jalan merdeka dan finish di lapangan Borasi Manokwari.

Pawai obor pattimura muda ini diterima tiga kepala suku dari Maluku Tenggara, Maluku Tenggara dan Maluku Utara.

Selanjutnya pawai obor pattimura diserahkan kepada kepala suku besar arfak Drs Dominggus Mandacan,M.Si sebagai sesepuh Maluku di Papua Barat.

“Kami dari tiga tungku terdiri dari Maluku Tenggara, Maluku Tengah dan Maluku Utara menyerahkan obor Pattimura ke-205 kepada sesepuh maluku untuk menyalakan obor induk,” ucap tiga kepala suku di lapangan borasi, Senin (16/5/2022).

Obor HUT Thomas Matulessy laki-laki kabaresi ini disambut Sesepuh Maluku “Saya terima obor semangat pattimura untuk dibakar di Manokwari,” ucap Dominggus Mandacan.

Dilapangan Borarsi Manokwari, berbagai tarian adat ditampilkan dalam perhelatan tersebut, diantaranya tari Calon dan tari Mamala (pukul sapu).

Acara Pattimura ini dihadiri Mantan Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani, Bupati Manokwari Hermus Indou, Wakil Ketua DPRD Manokwari Norman Tambunan, para kepala suku maluku dan ratusan masyarakat maluku.(TS)