Pemda Halmahera Timur MoU Pihak UNKAHIR Bidang Pengembangan SDM dan Aspek Penelitian

  • Whatsapp

HALTIM,KABARTIMUR – Pemerintahan Daerah Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut)menjalin kerjasama penandatanganan kesepahaman Memorandum Of Understanding (MoU) dengan pihak kampus Universitas Khairun Ternate (Unkahir), dibidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan aspek penelitian serta pengembangan pada umumnya.

Dalam kegiatan penandatanganan MoU tersebut di hadiri oleh Bupati Haltim Ubait Yakub dan seluruh OPD terkait, serta Rektor kampus Unkhair Ternate Dr. M. Ridha Ajam, yang diikuti oleh beberapa Dekan Fakultas dari kampus Unkhair Ternate. Senin (27/9/2021).

Bupati Haltim, Ubait Yakub mengatakan, pertemuan kerja sama dengan Pihak Kampus Unkhair Ternate memiliki tujuan yang berkelanjutan jangka panjang dan merupakan silaturahmi yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Halmahera Timur dan Pihak Kampus.

“Tujuanya kita membangun kerja sama MoU dalam rangka penelitian dan pengembangan Masyarakat secara umum, oleh karena itu kerjasama ini meliputi semua aspek baik sumber daya manusia (SDM) maupun pada aspek penelitian dan pengembangan Perikanan, Pertanian dan yang lain pada umumnya,”ungkap Ubait dalam kegiatan Tersebut.

Menurutnya untuk lebih detail dan kongkrit nantinya akan diterjemahkan oleh semua SKPD yang berkaitan dengan bidang masing-masing Dinas yang ada di lingkup Pemerintah Daerah.

“Yang pasti bahwa komitmen kami membangun kerjasama ini agar dapat mengembangkan kualitas SDM, serta meningkatkan derajat kehidupan Masyarakat pada posisi ekonomi. Dari sekian sisi itu kami dari Pemda Haltim dan pihak Kampus akan terus melakukan pendampingan kepada seluruh aspek-aspek yang sepakati,”ujarnya

“Dengan harapan hal ini betul-betul aplikatif, untuk mencapai aplikatif tersebut suda tentu akan diterjemahkan oleh setiap SKPD dengan pendampingan secara langsung dari kedua lembaga ini yaitu Pemdah dan Kampus. Kami suda komitmen akan memberikan dukungan terhadap kerjasama yang dibangun atas dasar penandatanganan MoU,”imbuh Bupati.

Sementara itu Rektor Unkhair Ternate, Dr. M Ridha Ajam, menyebut bahwa dalam MoU itu sifatnya umum jadi kita kerjasama antar lembaga sebagaimana tentang belajar Kampus merdeka dan soal kemitraan.

“Harapanya bahwa kemitraan kita ini saling menghargai, dengan SDM dan SDA yang kita miliki tentu Pemerintahan Daerah Halmahera Timur, dan Pihak Unhair Ternate bisa setara dan didukung dengan administrasi yang baik,”kata M Ridha

Dikatakan Ridha, semuanya ditindaklanjuti sesuai surat perjanjian kerja (SPK). Semoga dengan SPK yang diinstruksikan Bupati Haltim ke semua SKPD, mudah-mudahan setiap Dinas akan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan pihak kami yaitu teman-teman Dekan dan Fakultas yang ada kaitannya dengan Dinas tersebut.

sehingga Lanjutnya dia, dalam perencanaan kedepan sudah ada fikiran-fikiran awal kami pihak Kampus dan Pemerintah Daerah Halmahera Timur bisa menyatu sehingga melahirkan program kegiatan yang sesuai dengan harapan kita semua.

“Ada analisis akademik maupun analisis kebijakan Pemerintah Daerah yang akan dipakai dalam kerjasama itu, dan untuk lebih strategis maka implementasi merdeka belajar kampus, bisa dilakukan melalui sekolah-sekolah atau Pemerintah tergantung pada ruang yang diberikan,”pungkasnya

Diketahui, bahwa Halmahera Timur adalah Kabupaten kedua yang di kunjungi oleh rektor dan pihak Kampus Unkhair Ternate, untuk melakukan komunikasi selalu di bangun dan melakukan Koordinasi dengan Kabupaten Kota yang lain untuk menjalin kerja sama Tujuannya demi untuk kebaikan bersama/PN
(RH-RED)

Pos terkait