Nilai SAKIP B dan Jadi Kabupaten Terbaik se Papua, Bupati Imburi : Ini Bukti Tata Kelolah Pemerintahan Semakin Baik

  • Whatsapp

WASIOR – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama meraih Predikat B untuk laporan hasil evaluasi SAKIP (Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) tahun 2019.

Teluk Wondama pun ditetapkan menjadi salah satu kabupaten terbaik di Tanah Papua bersama dengan Kabupaten Raja Ampat oleh KemenPANRB dalam hal akuntabilitas kinerja pemerintah. Piagam Penghargaan atas capaian itu diterima Bupati Bernadus Imburi langsung dari KemenPANRB Thjajo Kumolo dalam SAKIP Award 2019 di Yogyakarta, baru-baru ini.

Peringkat B untuk SAKIP merupakan prestasi terbaik Kabupaten Teluk Wondama selama 16 tahun berdiri.

Sebelumnya pada 2017 dan 2018, kabupaten berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua ini hanya mampu mencapai predikat CC.

Dalam konferensi pers, Senin (9/3/2020) di Kantor Bupati di Isei, Bupati mengakui, nilai B untuk SAKIP memang tidak secara langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagaimana pembangunan infrastruktur dan lainnya.
Kendati demikian menurutnya, nilai B untuk SAKIP 2019 membuktikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di Wondama sudah dilakukan dalam jalur yang benar.

Sebab SAKIP merupakan salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya.

“Ini menunjukkan kita kelola pemerintahan sudah lebih baik. Itu penilaian dari pemerintah di atas kita. Kita harap semuanya harus jalan. Kita kerja baik tapi administrasi tidak jalan baik ya tidak bagus juga, “ ucap orang nomor satu Wondama ini.

Penghargaan dari KemenPANRB tersebut menurut bupati patut disyukuri dan dibanggakan karena menjadi yang pertama untuk Wondama. Namun demikian dia berharap yang terpenting adalah capaian itu memotivasi seluruh jajaran ASN untuk terus aktif pada tugas dan fungsi masing-masing demi mewujudkan kinerja yang lebih baik lagi.

“Marilah kita terus bekerja demi kemajuan dan keberhasilan daerah ini. Kita semua dipilih sebagai ASN untuk berbuat yang terbaik bagi daerah ini, “ ujar Imburi.

Lebih lanjut dikatakan bupati, keberhasilan meraih predikat B untuk SAKIP 2019 merupakan buah kerja keras seluruh jajaran ASN Pemkab Wondama mulai dari Wakil Bupati, Sekda, para pimpinan OPD hingga para staf.

“Ini adalah kerja kita bersama. Saya sampaikan penghargaan kepada semua pejabat di bawah saya. Saudara Wakil Bupati dengan tugas pengawasan, saudara Sekda dengan jajaran ASN di lingkup Setda, khususnya Bagian Ortal dan seluruh pimpinan OPD, “ ujar mantan Kepala Biro Perlengkapan Provinsi Papua Barat ini.

Wakil Bupati Paulus Indubri menambahkan, predikat B untuk SAKIP 2019 merupakan salah satu bukti adanya perubahan positif yang dibuat Pemkab Wondama dibawah kepemimpinan Bupati Bernadus Imburi bersama dirinya.

“Kita bisa dapat WTP, LPPD terbaik ketiga dan SAKIP B itu tidak kita dapatkan secara gampang. Apa yang kami dapatkan ini (hasil dari) kerja keras. Jadi ini sesuatu yang bagi saya luar biasa dan pastinya berpengaruh kepada kehidupan masyarakat, “ tandas orang nomor dua Wondama. (Nday)

Pos terkait