Ukir Sejarah Sebagai Putera Asli Wondama Pertama Pimpin MRPB, Judson Waprak : Ini Pengakuan Atas Jati Diri Orang Wondama

WASIOR, Kabartimur.com– Judson Ferdinandus Waprak terpilih menjadi Ketua Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) periode 2023-2028.

Pria kelahiran Karuru, 14 Juli 1980 ini mengukir sejarah sebagai putera asli Teluk Wondama pertama yang berhasil menduduki kursi pimpinan lembaga kultur Orang Asli Papua (OAP) itu.

Judson mengaku bersyukur dan bangga atas pencapaian dirinya menembus posisi orang nomor satu MRPB. Sesuatu yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Pencapaian dirinya menembus posisi Ketua MRPB memberi bukti bahwa sumber daya manusia (SDM) orang Wondama tidak kalah dengan orang-orang dari suku lain di atas tanah Papua.

“Terpilihnya saya sebagai ketua MRPB juga dapat dipandang sebagai bentuk penghargaan dan pengakuan atas jati diri orang Wamesa – Wondama bahwa kami juga punya potensi sumber daya manusia sekaya sumber daya alam kami di Papua, “ungkap Judson.

Baca Juga :   Rayakan HUT yang Ke-I, Hebo Gelar Forum Komunikasi Dengan  Suku-Suku di Manokwari

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara kunjungan kerja perdana ke Teluk Wondama pasca dilantik, Senin malam (4/12) di pendopo rumah dinas Bupati Teluk Wondama di Manggurai, Wasior.

Judson juga menyatakan terpilihnya dia sebagai ‘komandan’ baru MRPB merupakan jawaban atas pergumulan masyarakat Suku Besar Wamesa-Wondama.

Terlebih karena yang selama ini  orang Wamesa-Wondama seperti terpinggirkan dari pergaulan di level elit pemerintahan maupun percaturan politik di Papua Barat.

 

“Ini juga menjadi jawaban atas pergumulan orang Wamesa-Wondama yang sempat dilupakan bahwa kami juga pernah berjaya dan punya kontribusi besar dalam pemerintahan dan pembangunan di Provinsi Papua Barat, “lanjut putera asli dari Pulau Roswar itu.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor  menyatakan terpilihnya Judson Waprak sebagai Ketua MRPB adalah kebanggaan bagi seluruh masyarakat Teluk Wondama.

Baca Juga :   HUT Korpri dan HGN, Mambor Dorong PNS Buat Inovasi untuk Wujudkan Pemerintahan Digital

Khususnya orang asli daerah berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua ini.

Mamborpun berharap keberhasilan Judson Waprak menembus kursi Ketua MRPB membuka jalan bagi putera-puteri asli Wondama lainnya untuk bisa menduduki jabatan-jabatan strategis lainnya di tingkat provinsi.

“Terpilihnya adik Judson Waprak menjadi Ketua MRPB adalah kebanggaan bagi kita semua. Kita harap ada posisi lain di level provinsi yang bisa diduduki orang Wondama, “kata bupati. (Nday)

 

 

Pos terkait