5.430 Warga Wondama Terima Bansos PKH dan BPNT Tahap IV, Bertambah 1000 dari Tahap Sebelumnya

WASIOR, Kabartimur.com – Sebanyak 5.340 warga di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menerima bantuan sosial PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) tahap IV tahun 2023.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor menyerahkan secara simbolis bansos  PKH dan BPNT  di halaman Kantor Pos Wasior, Senin (4/12/2023).

Penyaluran bansor dari Pemerintah Pusat itu dilakukan oleh PT. Pos Indonesia.

Kepala Kantor Pos Cabang Wasior Putra Michael menjelaskan, pada penyaluran tahap IV terdapat kenaikan jumlah penerima bansos PKH dan BNPT dibanding tiga tahap sebelumnya.

“Puji Tuhan (penerima) semakin bertambah. Di tahap IV ini dia semakin naik dari tahap I, II dan tahap III. Sebelumnya penambahannya sekitar 500 (KPM), Ini (tahap IV) sudah bertambah sekitar 1.000 sehingga menjadi 5.340 KPM, “kata Putra.

Baca Juga :   Mau Naik Kapal, Ibu dan Anak 2 Tahun di Wasior Positif Covid-19

Dari 13 distrik di Teluk Wondama, Distrik Wasior menjadi wilayah dengan penerima terbanyak mencapai 3000-an KPM.

Putra menuturkan secara keseluruhan anggaran bansos PKH dan BPNT (dahulu dikenal juga dengan bansos sembako) yang mengalir ke Kabupaten Teluk Wondama tahun 2023 mencapai Rp8 miliar lebih. Di mana setiap tahap nilai bansos yang tersalur sekitar Rp2 miliar.

Adapun setiap KPM menerima dua jenis bansos tersebut yakni PKH dan BPNT. Namun demikian besar dana yang diterima setiap KPM berbeda karena menyesuaikan dengan kriteria dalam PKH.

“Yang sekarang ini BPNT dan PKH mereka gabung jadi nominalnya tidak 600 (ribu) saja, ada yang sampai 1 juta lebih karena ada penambahhan PKH dalam satu nama itu. Tapi kalau sembako (BPNT) itu pasti 600 ribu saja, “terang Putra.

Sementara itu Bupati Hendrik Mambor yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Dinas Sosial Musa Sapari berpesan agar warga memanfaatkan dengan baik bantuan yang diberikan Kementerian Sosial Republik Indonesia itu.

Baca Juga :   'Balengan' Bersama di Hari Kerja Pertama, Bupati Imburi : Mari Jaga Persahabatan untuk Wondama yang Lebih Baik

“Mari kita syukuri berkat dari Tuhan ini. Kiranya dapat dipergunakan dengan baik terutama untuk membantu kepentingan keluarga, “ucap Mambor. (Nday)

 

Pos terkait