Masa Tenang, Bawaslu Wondama Gencarkan Patroli Pengawasan dan Bersihkan APK

WASIOR – Bawaslu Teluk Wondama bersama Satuan Polisi Pamong Praja diibantu aparat kepolisian mulai Minggu sore kemarin melaksanakan Patroli Pengawasan Pilkada 2020.

Patroli pengawasan selama masa tenang dari 6-8 Desember itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi terjadi menjelang pencoblosan seperti politik uang, pengerahan massa juga praktik curang lainnya.

Ketua Bawaslu Teluk Wondama Menahen Sabarofek mengatakan Patroli Pengawasan penting dilakukan untuk menegakkan keadilan pemilu.

“Potensi pelanggaran itu akan terjadi menjelang pelaksanaan Pilkada. Ada pergerakan-pergerakan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang perlu kita awasi sehingga patroli pengawasan ini kita lakukan untuk mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi agar demokrasi kita bisa berjalan dengan baik, “ucap Sabarofek pada apel patroli pengawasan Pilkada 2020 di halaman kantor Bawaslu Teluk Wondama, Jl.Topai Wasior, Minggu sore.

Baca Juga :   Rekor! Bertambah 7, Covid-19 di Wondama Naik Jadi 42 Kasus

Apel Patroli Pengawasan Pilkada itu dihadiri pula oleh Ketua KPU Teluk Wondama Monika Elsy Sanoi, Wakapolres Teluk Wondama Kompol Lang Gia, Kepala Badan Kesbangpol Syors Ortizans Marini serta Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani, Kepala Distrik Wondiboi Aleksandra Mambor dan Kepala Distrik Rasiei Yemima Masakeri.

Adapun pada hari pertama Patroli Pengawasan Pilkada difokuskan untuk penertiban alat peraga kampanye (APK) juga bahan kampanye. Tim gabungan yang dipimpin Ketua Bawaslu melakukan penyisiran ke arah selatan dan utara mulai dari Kampung Webi, Distrik Rasiei hingga Kampung Rado, Distrik Wasior.

Dalam penyisiran itu tidak banyak lagi APK maupun bahan kampanye yang ditemukan masih berdiri atau terpasang. Tercatat hanya sekitar 5 baliho paslon berukuran besar yang diturunkan petugas Satpol PP serta sejumlah poster dan pamlet yang masih terpasang.

Baca Juga :   Waspada Corona, Penumpang Kapal dan Pesawat Masuk Wondama Wajib Periksa Suhu Tubuh

“Kesadaran dari masing-masing tim sukses rupanya cukup baik sehingga hampir semua APK dan bahan kampanye sudah mereka turunkan sendiri. Yang kita dapatkan saat ini sudah tidak banyak lagi, “kata Sabarofek usai kegiatan patroli pada Minggu malam. (Nday)

Pos terkait