Lawan Corona, Pemkab Wondama Pesan 300 Rapid Test

  • Whatsapp

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama Papua Barat telah memesan 300 set rapid test untuk pelaksanaan tes cepat virus corona atau COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Teluk Wondama dr. Yoce Kurniawan menyebut, rapid test diperkirakan tiba di Wondama pada minggu kedua April.

“Rapid test ini rapid test khusus jadi tidak untuk umum hanya untuk orang-orang yang bergejala. Termasuk OTG (orang tanpa gejala), ODP (orang dalam pemantauan) apalagi PDP (pasien dalam pengawasan) ya harus diperiksa, “ kata dr. Yoce usai rapat tentang COVID-19 di Gedung Sasana Karya di Isei, Jumat siang.

Selain rapid test, menurut dr. Yoce, pihaknya juga sudah memesan puluhan pak alat pelindung diri (APD) untuk petugas medis termasuk masker.

“Pengadaan kita sendiri ada 70 baju coverall, sepatu boot 25, kaca mata, handscoon biasa, masih dalam proses pengiriman. Yang mungkin datang pada hari Minggu (6 April) itu 135 kotak masker (bantuan dari Provinsi), “ jelas Direktur RSUD Teluk Wondama ini.

Adapun sebelumnya RSUD Teluk Wondama telah mendapatkan bantuan APD dari Pemprov Papua Barat berupa baju coverall, kaca mata, helm, sarung tangan panjang dan sepatu boot.

Dengan dukungan berbagai peralatan tersebut termasuk ketersediaan ruang isolasi, dr Yoce memastikan RSUD Teluk Wondama sudah siap menangani pasien positif COVID-19.

“Kita sudah siap meskipun dari sarana prasana belum sepenuhnya standar, “ ucap Yoce. (Nday)

Pos terkait