Joko Widodo : Sebetulnya Saya Sudah Lama Ingin ke Tana Toraja

  • Whatsapp
Joko Widodo : Sebetulnya Saya Sudah Lama Ingin ke Tana Toraja

Tana Toraja Kabartimur.Com

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengunjungi Tana Toraja untuk menghadiri Natal Oikumene Pemerintah Kabupaten Tana Toraja di pelataran Plaza Bundaran Kolam Makale, Minggu, 23/12/2018.

Kehadiran orang nomor satu di RI ini, disambut oleh Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, Wabup Tana Torajar, Victor Datuan Batara, Wabup Torut Yosia Rinto Kadang, Ketua DPRD Tana Toraja, Wellem Sambolangi dan sejumlah pejabat Pemda Tana Toraja dan Toraja Utara serta Ketua BPS Toraja, Pdt Musa Salusu.

Penyambutan Joko Widodo di Bumi Lakipadada ini juga disambut dengan berbagai tarian kolosal dengan nuansa budaya khas Tana Toraja, seperti  Pa’randing Dodo Pandin, Ondo Pua, Ma’nani, Ma’lambuk dan Tari Ma’ bugi’ Semuanya menampilkan keragaman budaya dan kearifan lokal Toraja.

Jokowi Widodo tiba di pelataran Plaza Bundaran Kolam Makale dengan mengenakan pakaian adat berwarna putih paduan ungu kuning dan dengan balutan adat topi ukiran Toraja. Ia hadir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubrnur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan beberapa pejabat negara lainnya.

“Pagi Hari ini Saya sangat berbahagia sekali bisa hadir di Tana Toraja ini, kita semunya bersyukur, semangat suka-cita untuk menyambut acara Lavely Desember yang juga bertepatan dengan perayaan Natal dan Perayaan Tahun Baru 2018/2019”.

Dan kesempatan yang berbahagia ini saya ucapkan “Selamat Hari Natal 2018, Selamat Tahun Baru 2019”, kepada seluruh Umat Kristiani dimanapun berada, baik yang berada di Tana Toraja maupun yang ada di seluruh Tana Air Indonesia, semoga Perayaaan Natal Tahun ini membawah Damai di Hati Semua Umat Kristiani semoga Damai di Tana Toraja, Damai di Sul-Sel, Damai di Negara Kita, Negara  Indonesia, jelas Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat Toraja untuk terus menjaga persatuan, untuk terus menjaga kerukunan kita, untuk memelihara persaudaraan kita, karena kita adalah saudara se- Bangsa dan se- Tanah Air, dan Aset Terbesar Bangsa ini adalah Persatuan, mari kita  merawat Kerukunan Persaudaraan dan Persatuan kita.

Saya sanagat senang, senang sekali hari ini bisa bertatapan langsung dengan Masyarakat Tana Toraja, seluruh Tokoh Adat, Tokoh Agama, Ketua BPS Gereja Toraja,  Keuskupan Agung, dan  Ketua MUI Tana Toraja.

Sya ingin mengajak kita bersama-sama bekerja mewujudkan toleransi, toleransi terwujud apabila kita dapat hidup dengan suka-cita Damai dan Sejahtera, Selamt Hari Natal 2018 sekaligua mengucapkan Selamat Menyambut  Tahun Baru 2019. Semoga TYME selalu memberkati setiap langkah kita semua, Salam untuk kita semuanya, jelas jokowi menutup sambutannya, (titus)

 

Pos terkait