Hari Relawan Sedunia dan Nasional, PMI Papua Barat Aksi Donor Darah Sukarela di Bulan Desember

  • Whatsapp

MANOKWARI- Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua Barat dalam rangka memperingati Hari Sukarelawan Internasional pada tanggal 5 Desember dan Hari Relawan Nasional tanggal 26 Desember 2021, melalui Bidang Relawan mengajak warga Manokwari berpartipasi pada aksi Donor Darah Sukarela (DDS) selama bulan Desember pada Unit Donor Darah (UDD) PMI Papua Barat, untuk tertib data base dan pembinaan.

Hari Sukarelawan Internasional yang diperingati setiap tanggal 5 Desember ini diperingati dengan tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. Dilansir dari situs PBB, tahun ini temanya adalah “Relawan sekarang untuk masa depan kita bersama”.

Bacaan Lainnya

PBB menetapkan Hari Sukarelawan Internasional ini sebagai salah satu upaya menunjukkan rasa terima kasih untuk para sukarelawan di seluruh dunia. Kegiatan sukarela merupakan salah satu mekanisme penyampaian yang paling vital untuk transformasi sosial, lingkungan dan ekonomi.

Melalui tema tersebut, PBB berpesan untuk generasi masa depan agar lebih bertanggung jawab atas perubahan yang diperlukan untuk membangun masa depan yang lebih baik. Mendorong, mengakui, dan mempromosikan pekerjaan sukarelawan adalah bagian penting dalam menciptakan masa depan yang lebih setara dan inklusif bagi masyarakat dan di seluruh dunia.

PBB dalam Program Relawan PBB mengoordinasikan Hari Relawan Internasional pada tanggal 5 Desember setiap tahunnya untuk mengakui dan mempromosikan pekerjaan sukarelawan yang tak kenal lelah. Setiap hari, para relawan mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk membantu mendorong aksi iklim dan memajukan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Menjadi sukarelawan adalah memberi, berbagi, mendukung orang lain, mendukung hal-hal yang dipedulikan dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua orang. Sekitar 70 persen dari pekerjaan sukarela tidak melibatkan organisasi apa pun. Namun, pekerjaan sukarela terjadi secara informal di antara orang-orang di komunitas mereka.

Ketua Bidang Relawan PMI Papua Barat, Yohanes Ada Lebang, mengatakan bahwa salah satu tugas Palang Merah Indonesia adalah memberikan pelayanan darah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan (Pasal 22 (b) UU. No 1 tahun 2021) yang sejalan dengan peran serta masyarakat dalam kegiatan Kepalangmerahan (Pasal 32).

Untuk menindaklanjuti, Palang Merah Indonesia Papua Barat akan memberikan Reward (Penghargaan) kepada salah satu Komponen PMI yaitu Relawan Donor Darah Sukarela (DDS) (Pasal 18 dan Pasal 63, AD/ART), selain Pengurus, Anggota, Pegawai/Staf, (sesuai dengan UU Nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan).

Selain itu, akan dilakukan pendataan data base di tahun 2021 sehingga ditahun 2022 akan dilakukan pembinaan dan intervensi program khususnya kepada DDS (Donor Darah Sukarela).

Lanjut Lebang, Melalui momentum peringatan Hari sukarelawan internasional tanggal 5 Desember dan Hari Relawan Nasional Tanggal 26 Desember 2021, melalui Bidang Relawan PMI Papua Barat bersama UDD PMI Papua Barat mengajak Warga Manokwari melakukan Aksi Kemanusian Donor Darah. Pelayanan oleh warga masyarakat Manokwari dipusatkan pada Unit Donor Darah (UDD) PMI Papua Barat Jalan Pertanian Wosi setiap jam kerja ( 08.00 – 20.00 WIT), selama bulan Desember.

Untuk diketahui, bagi calon pendonor baru minimal usia 17 tahun dan maksimal 65 tahun, sehat jasmani dan rohani, berat badan minimal 45 kg, bagi yang telah melakukan vaksin covid-19 (minimal satu bulan masa tunggu) serta minimal 3 (tiga) bulan bagi pendonor tetap.

Jika berminat, calon donor dapat mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran; lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah; serta dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter.

Diakui Lebang, bahwa memasuki bulan Desember ini, jumlah permintaan darah mulai meningkat, sedangkan stock darah tidak mencukupi dan kadang kala tidak tersedia.

Antisipasi menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2022, sehingga diharapkan aksi kemanusiaan ini dapat membantu dan menolong sesama manusia yang sangat membutuhkan darah.

“Kami mengajak warga Manokwari, untuk Ayo menjadi Donor Darah Sukarela (DDS), setetes darah untuk sesama, mari jadilah Relawan Donor Darah sekarang untuk masa depan kita bersama. Siamo Tutti Fratelli (kita semua bersaudara)” tutup Lebang

Pos terkait