Eks Pengungsi Ayata Raya Sudah Kembali, Pj Bupati Maybrat Pastikan Kondisi Terkini Mereka

Maybrat,kabartimur.com- Setelah sekian lama berada dan tinggal di pengungsian, Masyarakat Ayata Raya, Distrik Aifat Timur Tengah akhirnya berangsur kembali ke kampung halaman mereka. Kepulangan warga tidak terlepas dari kerja keras Pemkab Maybrat dengan jaminan keamanan aparat TNI dan Polri.

Untuk memastikan kondisi terkini mereka, Penjabat Bupati Maybrat Bernhard Eduard Rondonuwu didampingi oleh Dandim 1809 Maybrat Letkol Inf Yohanis Andy Wibowo bersama Dansatgas Yonif Raider Khusus 133/YS mendatangi masyarakat Kampung Ayata Raya, Aifat Timur Tengah, Kamis 27 April 2023.

Turut mendampingi pula tokoh intelektual setempat antara lain, Sakeus Momao yang adalah Kepala Dinas Perumahan, Kepala Dinas Perdagangan Manfred Mate, Kepala Distrik Aifat Timur Tengah Ignasius Assem dan Anggota DPRD dari Dapil Aifat Timur Raya Sefnat Momao.

Setelah sampai di lokasi, Bupati langsung melakukan pengecekan terhadap fasilitas umum semacam gereja, pastoran, sekolah dan lain-lain. Bernhard juga memberikan beragam kebutuhan bagi warga, seperti makanan hingga peralatan tidur dan lain lain.

Baca Juga :   Ketua TPP PKK Dandang Sambangi Kegiatan Posyandu

Bernhard kesempatan ini selain merespon permintaan masyarakat mengenai akses jalan serta jembatan, juga menerangkan bahwa kewajiban pemerintah yang paling pertama adalah memastikan warga harus kembali ke Kampung masing-masing dan beraktivitas seperti biasa.

“Kami pemerintah fasilitasi yang pertama kepulangan, yang kedua torang bantu alat perlengkapan di rumah seperti peralatan tidur, bama dan perlengkapan lainnya,” ujar Bupati.

Bernhard pun mengaku bersyukur melihat warga sudah kembali dari pengungsian ke kampung masing-masing, termasuk Ayata Raya.

Menurutnya, pemerintah tentu akan terus berupaya menaruh perhatian yang nyata terhadap masyarakat dalam semua aspek pembangunan.

“Jaminan pemerintah sekarang juga adalah membuat jalan, menyediakan fasilitas kesehatan dan juga pendidikan dan sebagainya guna menunjang kehidupan masyarakat,” terang Bupati.

Dilaporkan, hingga saat ini sebanyak 24 KK dengan jumlah jiwa 55 telah kembali ke Ayata Raya Aifat Timut Tengah sejak 24 April 2023.(Red/CR)

Baca Juga :   LPPD Gelar Pra Technical Meeting Pesparawi XIV Se Tanah Papua Tingkat Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya

Pos terkait