DPP PAN Belum Putuskan Usung NA

  • Whatsapp

MAKASSAR – Wakil Ketua DPP PAN Viva Yoga angkat bicara terkait kabar pengalihan dukungan partainya dari Ichsan Yasin Limpo ke Nurdin Abdullah untuk Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Mantan Wakil Sekjen Badan Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN ini membenarkan adanya informasi tersebut.

Hanya saja dia menegaskan, hal itu belum sepenuhnya diputuskan.

DPP menurut dia masih memberikan waktu kepada Ichsan Yasin Limpo bersama pasangannya Andi Mudzakkar untuk mencari dukungan parpol tambahan.

Tujuannya, agar bisa mencukupkan kursinya maju di pentas demokrasi sekali lima tahunan melalui jalur partai politik.

“Setelah Pak Ichsan berhasil mencukupkan koalisi parpol-nya selain PAN dan PPP, maka segera berkomunikasi kembali ke DPP. Semua masih bisa berubah,” tegas Viva Yoga saat dikonfirmasi melalui teleponnya, Jumat (22/9/2017) malam.

Wakil Ketua Fraksi PAN di DPR RI ini menjelaskan, selain memberikan kesempatakan kepada pasangan Punggawa Macakka.

DPP kata Viva Yoga juga memastikan akan tetap mempertimbangkan apa yang menjadi keinginan dari DPW PAN termasuk 24 DPD PAN se Sulsel perihal siapa diantara keduanya yang diputuskan diusung di Pilgub.

“DPP tentu tidak akan serta merta memutuskan. Pihaknya tetap memperhatikan aspirasi DPD dan DPW PAN di Sulsel sesuai hasil rapat yang digelar di Makassar,” terangnya.

Mantan Ketua Bapilu DPP PAN ini berharap apa yang menjadi keinginan partainya sebisa mungkin Ichsan bisa merealisasikannya.

Apalagi proses tahapan Pilgub Sulsel berdasarkan jadwal di KPU sudah semakin di depan mata.

“Jadi persoalan yang terjadi saat ini, baiknya segera dikomunikasikan dengan tim pilkada PAN di pusat karena sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi terbaru apakah IYL sudah mendapat usungan partai lain atau belum,” urai legislator DPR RI ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPW PAN, Irfan AB menegaskan 24 DPD PAN di Sulsel solid berada dibarisan IYL-Cakka kendati DPP mengalihkan dukungannya ke Nurdin Abdullah yang juga Bupati Bantaeng dua periode itu.

“PAN se Sulsel sepakat dan solid pada komitmen awal DPP yakni mendukung dan memenangkan IYL-Cakka di kontestasi pemilihan kepala daerah 2018 nantinya,” tegas Irfan.

Namun dia tak menampik dinamika politik jelang pesta demokrasi sekali lima tahunan di Sulsel terkhusu disejumlah partai cukup dinamis termasuk di partainya.

Legislator DPRD Sulsel ini menegaskan, partainya tidak akan menghianati komitmen awal yang disepakati bahwa di Pilgub Sulsel partainya tetap mengusung Punggawa-Macakka.

“Jadi komitmen awal sejauh ini tetap dipertahankan. Apalagi secara garis umum Pak Ketum Bang Zul sudah instruksikan tetap mendukung dan memenangkan IYL-Cakka di Pilgub,” pungkasnya. (*)

Pos terkait