Carnaval Kendaraan Hias Semarakkan HUT RI ke-78 di Teluk Wondama

WASIOR – Semarak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Kabupaten Teluk Wondama semakin terasa dengan pelaksanaan carnaval kendaraan hias, Selasa, 15 Agustus 2023.

Carnaval mengambil rute dari pelataran kantor bupati di Isei hingga Taman Masasoya Topai Wasior dengan melewati jalan utama kota sejauh 9 kilometer.

Parade ini melibatkan berbagai elemen mulai dari instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan hingga paguyuban daerah.

Parade kendaraan hias menampilkan beragam tema dan karakter. Antara lain bentuk bangunan pemerintahan, rumah adat daerah, kendaraan tempur seperti panser dan tank hingga perahu adat.

Adapula tampilan karakter pahlawan nasional Pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kuda, burung cenderawasih hingga karakter naga dan barongsai yang ditampilkan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI).

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor saat melepas carnaval menyampaikan apresiasi atas tingginya antusiasme masyarakat dalam menyambut perayaan ulang tahun kemerdekaan RI ke-78.

Baca Juga :   Bupati Imburi Minta Satpol PP Tingkatkan Kualitas dan Profesionalisme

“Ini sebagai bentuk partisipasi kita meramaikan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Partisipasi ini merupakan wujud daripada kecintaan kita kepada bangsa dan negara Indonesia, “kata Mambor yang dalam kesempatan itu didampingi Wakil Bupati Andarias Kayukatuy.

Ketua PSMTI Teluk Wondama Amos Wellem Ayomi mengungkapkan keikusertaan pihaknya dalam parade kendaraan hias sebagai wujud rasa nasionalisme serta rasa bangga sebagai sesama anak bangsa.

“Kami dari kerukunan Marga Tionghoa Teluk Wondama mau tunjukkan bahwa kami juga bagian dari bangsa Indonesia. Kami cinta bangsa dan kami bangga menjadi anak bangsa Indonesia, “ujar Amos yang juga anggota DPRD Teluk Wondama.

Sesuai pantauan, carnaval kendaraan hias yang melintasi jalan utama kota Wasior itu menjadi tontonan menarik bagi warga kota Wasior dan sekitarnya.

Ratusan warga bahkan memadati Taman Masasoya Topai Wasior yang menjadi titik akhir parade untuk menyaksikan dari dekat berbagai kendaraan hias yang tampil.

Baca Juga :   Covid-19 di Wondama Sudah Mengarah ke Transmisi Lokal, Masyarakat Diminta Patuh dan Dengar-dengaran

“Kitorang di Wasior ini jarang hiburan jadi kalau ada acara seperti ini pasti orang-orang suka, “ujar Marthen, salah seorang warga kota Wasior. (Nday)

 

Pos terkait