Yustus Dowansiba dan Suriyati Faisal Pimpinan Sementara DPRD Manokwari

  • Whatsapp

MANOKWARI– Sebanyak 25 Anggota DPRD Kabupaten Manokwari periode 2019-2024 resmi dilantik, Selasa (27/8/2019). Pelantikan ini ditandai dengan pengambilan sumpah/janji yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri Manokwari Heru Hanindyo, di ruang paripurna utama Kantor DPRD.

Untuk menentukan pemimpin sementara DPRD, maka merujuk pada ketentuan bahwa partai politik dengan jumlah perolehan kursi dan suara terbanyak. Dengan demikian, Yustus Dowansiba asal PDI Perjuangan dan Suriyati Faisal asal Golkar menjadi ketua dan wakil ketua sementara DPRD.

“Hari ini kami dilantik sebagai pimpinan sementara. 25 anggota DPRD yang dilantik hari ini, kami mendukung pemerintah daerah untuk menghadirkan pembangunan di Kabupaten Manokwari yang diinginkan oleh rakyat,” kata Yustus ketika diwawancarai usai pelantikan.

Yustus menyampaikan aspirasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah, KPU serta Bawaslu yang telah mendukung pelaksanaan agenda pemilu, sehingga hasil pemilu legislatif Kabupaten Manokwari Tahun 2019 bisa ditetapkan dan dilantik.

“Kami siap melanjutkan pembangunan yang ada. Kami mengajak seluruh komponen masyarakat ikut berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Manokwari, serta ikut menjaga situasi kamtibmas,” ujarnya sembari mengatakan akan bersinergi dengan pemerintah daerah.

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Edi Budoyo, bupati mengingatkan agar anggota DPRD yang baru dilantik memaksimalkan tiga fungsi yang dimiliki, yakni fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

“Ketiga fungsi ini dijalankan dalam rangka representatif rakyat. Anggota DPRD (2014-2019) yang terpilih kembali pertahankan kinerja dan tingkatkan sinergi,” katanya.

“Saya yakin dengan bekal optimisme, semangat kerja cerdas, serta kehendak Tuhan, anggota dewan bisa bersinergi dan mendukung program dan pembangunan demi kemakmuran masyarakat di atas tanah Arfak,” sambung bupati.

Meski perolehan kursi antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sama, yakni 4 kursi. Tetapi berdasarkan jumlah perolehan suara diungguli oleh PDIP kemudian disusul Golkar dan Nasdem.

Dengan demikian, dipastikan unsur pimpinan DPRD kabupaten Manokwari diduduki oleh ketiga parpol tersebut. Selain itu, perolehan kursi masing-masing untuk PKS 3 kursi, Perindo 3 kursi, Hanura 2 kursi, Gerindra 1 kursi, PAN 1 kursi, Partai Demokrat 1 kursi, PKPI 1 kursi, dan PKB 1 kursi.
Pantauan media ini, pelantikan anggota DPRD Manokwari (2019-2024) dikawal ketat aparat gabungan TNI dan Polri yang dilengkapi senjata laras panjang serta dihadiri pendukung dan simpatisan para anggota dewan. (ALF/*)

Pos terkait