Waduh, proyek Puskesmas Panambungan TA.2015 belum rampung 100 persen

  • Whatsapp

Makassar– Meski Tahun Anggaran (TA) 2015 sudah berlalu,dan seluruh proyek pembangunan sarana dan prasarana dinyatakan usai. Namun sayang, pada proyek pembangunan Puskesmas Panambungan, di area rumah susun, Kecamatan Mariso ini, tengah menjadi pergunjingan yang diduga merugikan negara miliaran rupiah, dari nila anggaran Rp.4,715. Miliar, dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) .

Hasil pantauan indotimnews.com, pada pembangunan puskesmas ini, nampak bangunannya tak mencapai 100 persen. Kondisi fisik bangunanpun diyakini sejumlah pihak baru tercapai 90 persen saja. Sehingga Puskesmas yang diperuntukkan untuk warga sekitar, akan sulit terpakai.

Sementara itu, sarana air bersih (PDAM) bangunan itupun nampak belum terpasang, demikian halnya dengan penerangan lampu (PLN), hingga saat ini tak berfungsi. Pihak pelaksana pembangunan Puskesmas ini diprediksi akan menelantarkan pembangunan Puskesmas Panambungan yang hingga saat ini menjadi harapan besar bagi warga, khususnya rakyat miskin yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Sejumlah warga sekitar proyek pembangunan Puskesmas tersebut, berkomentar, jika pekerjaan pembangunan puskesmas terkesan asal-asalan. sehingga spesifikasi bangunan diduga pula telah menyalahi aturan dari nlai anggaran yang sudah ditetapkan.

Menanggapi indikasi ketimpangan tersebut, para penggiat anti korupsi di Makassar berkoar dan meminta pejabat Pembuat Komitmen (PPK) atau penanggungjawab pekerjaan ini tidak tingl diam dan mendesak perusahaan yang mengerjakan proyek untuk bisa bertanggungjawab.

“Hal ini tak dapat dibiarkan begitu saja. Jangan samai proyek ini dijadikan ajang untuk mencari keuntungan yang bisa terseret ke rana korupsi. Pemerintah Kota Makassarpun tak bisa lepas tanggungjawab,” jelas Faldin, aktivi penggiat Anti Korupsi, Koalisi Rakyat Peduli Negeri (KORPEN).
Faldin juga berharap agar Pmerinatah Kota Makassar, segera mengeluarkan sikap tegas dan transparan ke publik terkait dengan indikasi kecurangan yang dilakukan oleh pihak yang mengerjakan proyek tersebut.

DIUMUMKAN Tuesday, 14/Apr/15
TGL PENGADAAN 1/Feb/15 – 23/Feb/15
TGL PEKERJAAN 1/Feb/15 – 30/Nov/15
BUDGET: Rp.4,715,500,000
Deskripsi –
ID PAKET 2465253
Jenis Belanja Modal
Jenis Pengadaan Pekerjaan Konstruksi
K/L/D/I Kota Makassar
Kegiatan Pembangunan / Rehabilitasi Puskesmas/Pustu/Poskes
Lokasi Kota Makassar
MAK (1) 1.02.1.02.01.19.02.5.2.3.26.09
Metode Pemilihan Penyedia Lelang Sederhana
Nama Paket Pengadaan Pembangunan Puskesmas Panambungan
Pagu (1) 4,715,500,000
Satuan Kerja DINAS KESEHATAN KOTA MAKASSAR
Sumber Dana (1) APBD
Tahun Anggaran 2015
Volume 1 Unit

Penulis: Zulkifli

Pos terkait