Untuk ke 7 Kali, Bantuan APD dari Gugus Tugas Pusat ke Papua Barat Melalui Kodam XVIII Kasuari

  • Whatsapp

MANOKWARI – Hari ini Kodam XVIII/Kasuari melalui Kesehatan Kodam (Kesdam) XVIII/Kasuari kembali bantu terima bantuan Alat Kesehatan (Alkes) berupa Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 46 koli dari Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 diserahkan oleh pilot pesawat milik TNI AU yang dibawa dari Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) XVIII/Kasuari, Kolonel Ckm dr. Azhari Ramdani setelah menerima bantuan Alkes dari Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Selasa (12/5/2020), di Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat.

Lebih lanjut disampaikan Kakesdam bahwa, ini merupakan kali ke-7 Kesdam membantu penerimaan bantuan Alkes, rencananya APD ini akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua Barat untuk didistribusikan ke jajarannya.

“Jadi ini sangat membantu terutama di Provinsi Papua Barat sendiri karena kita tahu sendiri ada keterbatasan sehingaa dengan datangnya APD ini diharapkan akan membantu rumah sakit-rumah sakit yang berada dibawah Dinas Kesehatan Prov. Papua Barat,” ungkap Kolonel Azhari.

Selanjutnya, bantuan Alkes yang berupa 46 koli APD tersebut diserahkan Kakesdam XVIII/Kasuari kepada instansi yang menjadi tujuan pemberian bantuan tersebut, yakni Dinkes Prov. Papua Barat yang diterima langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Provinsi Papua Barat, Petrus Hosyo, S.Sos.

Petrus Hosyo mengungkapkan, dengan APD yang diterima ini, kami menyampaikan terima kasih kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan juga Panglima TNI, Pangdam XVIII/Kasuari dan Kakesdam XVIII/Kasuari yang sudah berupaya membantu mendistribusikan APD ini sampai ke Provinsi Papua Barat.

“Harapan kita bahwa APD ini segera kita distribusikan kepada Kabupaten-Kabupaten yang menerima sesuai dengan berita acara yang sudah di tanda tangani, kami juga sudah komunikasi dengan beberapa Dinkes Kabupaten yang terkait agar dapat dimanfaatkan dalam melayani pasien di berbagai sarana fasilitas kesehatan,” ucap Petrus.

Pesawat TNI AU jenis Boeing 737-400 A-7308 yang memuat Alkes tersebut berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta) menuju ke Bandara Rendani Manokwari, yang sebelumnya transit di Bandara Sentani (Jayapura) sebagai Pilot Mayor Penerbang (Pnb) Sefti dengan membawa 11 orang aircrew lainnya.(AD)

Pos terkait