Tingkatkan Pengetahuan Orang Tua Murid Terkait Kesehatan Gigi Mulut, Yayasan Celosia Marennu Gelar Pertemuan

LUWU UTARA, Kabartimur.com – Healthier Smiles Program adalah Program yang diimplementasikan oleh Yayasan Celosia Marennu bekerjasama dengan Save The Children dengan dukungan Mars Wrigley Foundation

Hal tersebut diungkapkan Kepala Unit Pengelola Tekhnis (UPT) SD Negeri 011 Rantepasang bahwa, program ini difokuskan untuk aman dan sehat memastikan anak-anak yang bersekolah aman dan sehat dengan akses yang inclusive terhadap layanan kesehatan, praktek hidup dan sehat baik dirumah dan di sekolah.

Pertemuan tersebut digelar Yayasan Celosia Marennu di ruangan kelas SD Negeri 011 Rante Pasang, Rabu (14/12/2022) dan diikuti masing-masing sekolah 8 orang komite sekolah dan orang tua murid. Dipertemuan tersebut ysng mengikuti SD Negeri 007 Tete Uri dan SD Negeri 011 Rantepasang.

Untuk narasumber drg Aswarwadi dari UPT Puskesmas Sabbang Selatan, Fasilitator Celosia Marennu, Andi Nurul Fajri bersama fasilitator dari zkecamatan Baebunta PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat), Debora, melakukan pertemuan dengan orang tua murid, komite sekolah dan masyarakat dalam program kesehatan gigi dan mulut (Healthier Smiler).

Baca Juga :   Pemda Haltim Bersama Tim Peneliti Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun Gelar Seminar Hasil Penulis Buku Sejarah Pembentukan Kabupaten Haltim

Kegiatan tersebut bertujuan peningkatan pengetahuan orang tua murid dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat khususnya, siswa Sekolah Dasar (SD) akan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas, dan diharaokan peserta yang hadir bisa menjadi pioner untuk menyampaikan ke anak-anak dan prang tua dilingkungannya masing-masing.

“Program ini difokuskan untuk memastikan anak-anak yang bersekolah aman dan sehat dengan akses yang inclusive terhadap layanan kesehatan, praktek hidup dan sehat baik itu di rumah maupun di sekolah,” terang
Andi Nurul fasilitator dari Celosia Marennu.

Sementara Andreti Kae, S.Pd Kepala UPT SD Negeri 011 Rantasang Kecamatan Sabbang Selatan menyampaikan apresiasi kepada Celosia Marennu Kabupaten Luwu Utara yang telah menggelar pertemuan Healthier Smiles program ini.

“Momentum ini merupakan kesempatan bagi kita untuk melakukan pendampingan dan edukasi khususnya yang berkaitan dengan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut serta pengaruhnya terhadap kesehatan secara umum maupun kehidupan sosial,” sebutnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Kapasitas, DPMK Gelar Pelatihan Tata Cara Penetapan Batas Kampung dan Peta Kampung Induk dan Pemekaran di Manokwari

Menurutnya, sektor kesehatan juga menjadi salah satu agenda utama pembangunan di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang (Luwu Utara).

Karenanya, pemerintah selalu berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, agar masyarakat bisa hidup dengan layak serta sehat fisik, jasmani maupun lingkungannya.

“Dengan adanya pertemuan tersebut untuk peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi sejak usia dini, akan membantu masyarakat terutama anak-anak kita menerapkan pola hidup sehat,” jelas Andreti.

Sementara itu drg Aswarwadi dalam pemaparannya menyampaikan bahwa, menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara baik dan benar merupakan teknik pencegahan yang mudah dan sudah dikenal yakni, menyikat gigi dua kali sehari dilakukan selama 2 (dua) menit yakni, pagi setelah sarapan dan malam hari setelah makan.

“Semoga kebiasaan menggosok gigi demi kesehatan akan menjadi proses kesadaran yang pada akhirnya bisa menjadi teladan generasi turun-temurun dibawahnya, serta sikap dan perilaku murid sekolah dasar terhadap pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut akan meningkat,” harap Aswadi.

Baca Juga :   Tingkatkan Pemahaman Kepala Sekolah, Disdikbud Luwu Utara Gelar Rakor

Pada kesempatan tersebut, Fasilitator PATBM, Debora yang membawakan materi kekerasan pada anak dan pengasuhan anak, bentuk dukungan bagi anak, memahami perkembangan anak dan mengatasi tantangan pengasuhan mengatakan bahwa, itu semua dilindungi Negara dengan UU Perlindungan Anak RI Nomor 23 tahun 2022, Perubahan UU Nomor 35 tahun 2014.

Pihaknya berharap program ini dapat bermanfaat bagi anak-anak yang berada di Bumi Lamaranginang.

Sebagai informasi ada 20 sekolah di Luwu Utara yang dibimbing Celosia Marennu yakni, SDN 173 Pattimang, SDN 178 Cappasolo, SDN 011 Rantepasang, SDN 007 Teteuri, SDN 099 Masamva, SDN 104 Laba, SDN 012 Buntu Terpedo, SDN 009 Tarue, SDN 040 Salulemo, SDN 042 Radda, SDN 141 Minanga Tallu, SDN 147 Tulung Indah, SDN 029 Bentenna, SDN 033 Tarobok, SDN 179 Rampoang, SDN 183 Tolada, SDN SLB Nur Amin, SDN 109 Balebo, SDN 151 Sukamaju dan SL Annisa Waradina. (Red/Yustus)

Pos terkait