Tingkatkan Kualitas Pengrajin di Manokwari, Dekranasda Gelar Pameran UMKM dan Vokal Group Akustik Lagu Papua

MANOKWARI, Kabartimur.com- Guna meningkatkan kualitas pengrajin di Manokwari, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Manokwari melaksanakan Pameran UMKM, lomba dance/Kontemporer dan Vocal Group Akustik Lagu Daerah Papua Dalam Rangka Menyongsong Hari Jadi Kota Manokwari Ke- 124 Tahun.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh bupati Manokwari, Hermus Indou di Manokwari City Mall, Senin (31/10/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Manokwari, Febelina Indou, menyampaikan
Kegiatan ini merupakan bukti partisipasi dewan kerajinan nasional daerah kabupaten Manokwari dalam rangka menyambut hari ulang tahun kota Manokwari yang ke-124.

Menurutnya, Kegiatan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam menyelenggarakan, mensinkronkan dan mensinergikan program dan kegiatan dalam pengembangan sumber daya pengrajin pencinta seni dan budaya melalui generasi pengrajin.

Selain itu, meningkatkan kualitas pengrajin pencinta seni dan budaya yang semakin unggul melalui regenerasi pengrajin cinta seni dan budaya diharapkan pada gilirannya dapat mendorong semangat dalam mendukung arahan dan kebijakan pemerintah yaitu dekranasda kabupaten Manokwari.

Baca Juga :   Kakesdam XVIII/Kasuari Pimpin Sertijab Karumkit Tk. IV 18.07.02. J.A. Dimara

Olehnya itu, kata Febelina, dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut diperlukan keberpihakan dan fasilitas dari pemerintah.

Pihaknya meminta dan mengharapkan agar bidang seni kerajinan tari musik dan seni suara dimasukkan kembali ke dalam kurikulum atau ekstrakurikuler SD, SMP dan SMA dan perguruan tinggi latihan lainnya atau yang sederajat seperti cara-cara dan praktek membuat kerajinan seni tari seni musik, seni suara unggulan setempat dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di sekitarnya.

“Kegiatan ini sebagai sarana komunikasi edukasi dalam meningkatkan daya saing produk di kabupaten Manokwari” ujarnya.

Pihaknya meminta kepada seluruh pengurus kegiatan pameran lomba dance kontemporer, vocal group akustik lagu daerah Papua Dapat menjadi ikon atau kegiatan rutinitas dewan kerajinan nasional daerah kabupaten Manokwari untuk menyelenggarakan di tahun yang akan datang.

Sementara itu ketua panitia, Immanuel Pangaribuan, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan sejalan dengan program pemerintah kabupaten (pemkab) Manokwari dalam pengembangan sumber daya pengrajin dan meningkatkan daya saing produk pengrajin agar makin unggul.

Baca Juga :   Sebanyak 101 Siswa/I PAUD dan TK Yayasan Yuliana Ikuti Penamatan dan Pelepasan

Imanuel menjelaskan bahwa ,Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun kota Manokwari yang ke 124.

“Kegiatan ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam menyelaraskan mensinkronkan dan mensinergikan program dan kegiatan dalam pengembangan sumber daya pengrajin pecinta seni dan budaya melalui regenerasi perajin sekaligus meningkatkan daya saing meningkatkan kualitas produk para pengrajin kualitas karya para pelaku seni dan budaya yang diharapkan akan semakin unggul dan dapat mendorong semangat dan mendukung arahan kebijakan pemerintah melalui mitra pemerintah yaitu Dekranasda” jelasnya.

Dengan adanya penyelenggaraan ini diharapkan produk-produk industri kecil dan menengah dapat lebih dikenal dan diminati para konsumen lebih luas sehingga peluang pasarnya menjadi semakin terbuka dengan peluang pasar tidak hanya dalam offline tetapi juga online.

Pihaknya juga memberikan kesempatan kepada pihak-pihak sekolah untuk menunjukkan hasil-hasil kerajinan yang dibuat di sekolah masing-masing kiranya dapat semakin menggalakkan seni kerajinan tangan atau yang dulu kita lebih mengenal prakarya agar anak-anak sekolah dapat memanfaatkan ataupun mempraktekkan cara-cara membuat kerajinan unggulan dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan lomba kelompok vokal grup yang nantinya diiringi oleh alat-alat musik tradisional Papua dalam rangka melestarikan budaya Papua dan juga lomba dance kontemporer untuk kalangan umum dan pelajar.

Baca Juga :   Ikut Misa Malam Paskah di Suswa, Pj Bupati Maybrat Sumbang Laptop dan Jawab Aspirasi Masyarakat Saol ini!

“Kegiatan pameran UMKM Dekranasda diikuti oleh 22 kelompok dan akan diselingi dengan pelaksanaan lomba vokal grup akustik musik tradisional sebanyak 13 kelompok dan diakhir pelaksanaan pameran UKM Dekranasda akan dilaksanakan ajang fashion show, pameran busana batik papua kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan seni oleh komunitas anak hip Pop Manokwari juga stand up comedy dan di puncak acaranya nanti akan dilakukan pengumuman pemenang lomba dan pemberian hadiah kepada para pemenang” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam penyampaiannya mengatakan bahwa pelaksanaan bulan bakti gotong royong Pemda bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk pengrajin.

Bupati berharap Pengrajin yang terlibat memiliki peran dalam membangun Manokwari dan harus siap berkompetisi dengan pengrajin lainnya yang ada di daerah lain Manokwari dan punya hasil kerajinan yang harus memenuhi permintaan pasar dan dapat meningkatkan income perkapita yang dapat membuat ketergantungan dari daerah lain” pungkas Bupati.(Red/ VR)

Pos terkait