Ratusan Masyarakat Terima Pengobatan Massal Kolaborasi Pemprov dan TP PKK Papua Barat di Distrik Tanah Rubuh

MANOKWARI, kabartimur.com – Jelang HUT Republik Indonesia Ke-78, kolaborasi Pemerintah Provinsi dan Tim Penggerak PKK Papua Barat menggelar pengobatan massal di Distrik Tanah Rubuh. Kegiatan tersebut mendapat respon positif ditandai dengan kehadiran ratusan masyarakat hingga pelajar, Kamis (3/8/2023).

Adapun layanan yang tersedia meliputi pengobatan umum, pemeriksaan Ibu hamil dan USG, Pemeriksaan Anak, Pelayanan Dokter Gigi dan Sikat Gigi Massal.
Kemudian penyuluhan Ibu hamil, mulai dari gizi seimbang dan persiapan menuju persalinan dan pasca persalinan

Bacaan Lainnya

Mewakili Pj. Gubernur, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Niko U. Tike menjelaskan kesehatan yang baik bukan merupakan suatu yang dapat dibeli, melainkan sesuatu yang menjadi tanggungjawab berharga bagi semua pihak. Selain itu pemerintah menyambut baik kegiatan mulia ini dan optimis kehadiran Ketua TP PKK beserta jajaran dapat memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Tanah Rubuh untuk diobati.

Baca Juga :   Bulan Bakti Gotong Royong Peringati Hari Jadi Kota Manokwari yang Ke-124, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gelar Lomba Yospan

“Mudah-mudahan kegiatan Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Ketua TP PKK beserta jajaran dan dokter dapat terlaksana sebaik mungkin. Kesehatan merupakan aset manusia yang berharga sepanjang hidup,” Ujarnya.

Ditambahkan, saat ini Pemerintah Provinsi Papua Barat sedang fokus pada percepatan penurunan stunting dan kemiskinan Ekstrem. Oleh sebab itu memerlukan intervensi yang terpadu, mencakup intervensi spesifik dan intervensi sensitif.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kurang gizi maupun infeksi menular. Terutama pada 1000 hari pertama kehidupan yang dimulai dari masa kehamilan hingga usia dua tahun.

“Titik pembangunan SDM dengan menjamin kesehatan anak usia sekolah merupakan momentum penting mencetak manusia unggul,” Jelasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat, Ny. Roma Megawanty P, S.Kom.,M.Si menjabarkan visi organisasi yakni keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman dan bertaqwa. Dijelaskan tantangan kesehatan memang menjadi beban dan fokus penting setelah munculnya covid-19 dan penyakit lain.

Baca Juga :   KPPN Manokwari Beri Penghargaan Paku Kodim 1801/Manokwari Dengan Kinerja Terbaik

Dirinya mengatakan terlaksananya pengobatan massal di Distrik Tanah Rubuh merupakan ide dari PJ. Gubernur Waterpauw dan usul internal PKK karena sebelumnya dilakukan di Kampung Susweni beberapa waktu lalu.

“Ini ide dari Bapak Pj. Gubernur sendiri untuk melakukan pengobatan massal yang dimulai dari Kampung Susweni sekaligus dalam rangka HUT RI. Kita tunggu kira-kira dari Distrik lain mana yang mau kita lakukan pengobatan massal,” Urainya.

Ketua PKK Papua Barat turut mengapresiasi kehadiran masyarakat dan melibatkan para pelajar dengan mengajarkan cara menggosok gigi dengan baik, sosialisasi menjaga kebersihan dan konsumsi makanan bergizi. Disamping itu kepercayaan PKK tentu memiliki alasan tersendiri karena dinilai cekatan oleh Gubernur.

“Pengobatan massal dilakukan untuk meningkatkan kesehatan kita. Apresiasi partisipasi baik semoga kehadiran Bapak/Ibu disini semakin memahami tupoksi PKK.
Kepercayaan Gubernur bagi PKK karena katanya lebih gesit, teliti lebih rapi begitu,” Tandasnya.

Baca Juga :   Kapolres Haltim Pimpin Rapat Gelar Operasi Triwulan l Polres Haltim Dan Polsek Jajaran 2023

Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan selimut, Susu dan pemberian makanan bergizi.

Pos terkait