Polantas Tangkap Pelaku Pembobol Rumah

  • Whatsapp
tersangka saat diamankan sebelum diserahkan ke Mapolsek Panakkukang

Dua orang anggota Satlantas Polrestabes ini bukan hanya bertugas sebagai pengatur lalulintas dijalan raya, ternyata juga berfungsi sebagai peringkus pelaku tindak kejahatan lainnya. Terbukti dengan yang dilakukan oleh dua orang anggota Satlantas Mapolrestabes ini, keduanya masing-masing Aiptu Darmono dan Bripka Sahlan. Keduanya mengamankan pelaku pembobol rumah bernama Ardi (27), warga jalan Nuri lama, pada hari Rabu 2 Desember 2015, sekitar pukul 18.30 Wita, di pos lantas Tello Baru, jalan Urip Sumiharjo.
Pelaku diamankan setelah dikejar dari arah jalan Perintis Kemerdekaan menuju jalan Urip Sumiharjo oleh rekan-rekan korban. Dimana sebelumnya, pelaku bersama seorang rekannya yang kabur masuk ke dalam rumah kost milik Syahrul Sirajuddin (17), warga jalan Perintis Kemerdekaan 7, Pondok Hisyam belakang Workshop Unhas. Korban yang merupakan mahasiswa Fakultas Fisip semester 1, menjadi korban pembobolab rumah yang dilakukan oleh pelaku. Awalnya, saat itu korban melaksanakan salat subuh dan meninggalkan kamar kost dengan membiarkan pintu kamar dalam keadaan tidak terkunci. Namun, saat korban baru pulang dari salat, kamar miliknya sudah terbuka dan melihat handphone miliknya sudah tidak berada didalam kamar. Sontak korban melakukan pengejaran bersama rekan mahasiswa lainnya. Alhasil, salah seorang pelaku dikejar oleh beberapa mahasiswa. Aksi kejar-kejaran dijalan pun tak terhindarkan, pelaku yang menggunakan motor akhirnya berhasil diringkus setelah terjatuh disekitar Pos Lalulintas.
Dua anggota Lalulintas yang tak jauh berada dari lokasi kejadian langsung mengamankan pelaku yang dikepung warga dan menjadi bulan-bulanan pengguna jalan lainnya hingga pelaku babak belur.
Saat diamankan, dari tangan pelaku diamankan sebuah tas yang berisi ponsel korban dan kartu identitas korban. Diduga kuat barang yang ditemukan dalam tas pelaku merupakan hasil kejahatan, saat digeledah petugas menemukan 1 hp smart fren, 1 nokia, 1 Samsung, 1 Sony Experia, Sim c atas nama Andika Bayu Asmara (21), warga jalan Perdata 7 Blok E no 96, Kelurahan Bangkala, Kota Makassar, mahasiswa, Sim c atas nama Syahrul Sirajuddin (18), warga jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Watampone, Kabupaten Bone, mahasiswa, Sim c atas nama Ortizans Petrus Patwa (26), warga jalan Bumi Sudiang Raya Blok G no 38, Kota makassar, 1 kartu mahasiswa atas nama Muhammad Fajar Iskandar hukum Administrasi Negara, 1 kartu mahasiswa atas nama Syahrul Sirajuddin ilmu Administrasi Negara. Selain itu juga ditemukan 1 Atm Bri, 1 Atm Bni, 2 atm mandiri, 1 lembar stnk atas nama Mukarramah DD 3152 EO. Warga BTN Bungoro Indah Blok D1/12, Kabupaten Pangkep, Kecamatan Bungoro, jenis motor Yamaha Jupiter Z. Nomor rangka MH331B002AJ349211 dengan nomor mesin 31B-347605. 1 STNK atas nama Rusdi warga Mombi Kelurahan Mombi, Kecamatan Allu, Kabupaten Polman. Motor Suzuki FL 125 RCD bernomor rangka MH8BF45DA9J-248228 dan nomor mesin F496-ID-309073.  3 buah dompet. 1 charger merk EAC J1401502388, 1 buah tang, 1 buah obeng bunga, memory card 8 buah dan 1 kartu perdana axis. Selanjutnya pelaku digelandang ke Mapolsekta Panakkukang sebelum dilimpahkan ke Mapolsekta Tamalanrea yang dijemput oleh Ka SPKT Aiptu Yosep. Korban yang merupakan mahasiswa Unhas saat berada di kantor Mapolsekta Panakkukang menyusul pelaku yang sudah diamankan mengaku mengetahui jika pelaku tertangkap saat dirinya menghubungi nomor ponsel miliknya. “Saya sempat menelpon nomor hape saya dan yang angkat pak polisi yang mengaku berjaga di pos lalulintas tello. Dari bapak polisi itulah saya tau kalau pelaku ada dikantor polsek panakkukang” urai Syahrul Sirajuddin di kantor Mapolsekta Panakkukang.
“Benar ada pelaku pembobolan rumah. Namun wilayah kejadiannya berada di polsek tamalanrea. Jadi kami limpahkan ke sana. Jadi korban dan pelaku serta barang bukti yang diamankan sudah kami serahkan ke kantor polsek tamalanrea” ujar Kapolsekta Panakkukang Kompol Woro Susilo. (gonrong)

Pos terkait