Pengurus PSMTI Manokwari Periode 2022-2026 Dilantik

Manokwari kabartimur.com-Bupati Manokwari menghadiri, prosesi pelantikan pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Manokwari, periode 2022 – 2026, bertempat di Aula Villanova Susweni, Kamis (13/04/2023).

Bupati Manokwari, Hermus Indou mengatakan, Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, dan majemuk. Kebesaran serta kemajemukan Indonesia, dikontribusikan tidak hanya dari aspek geografis, tapi lebih khusus aspek demografi dan budaya yang dipersatukan dari berbagai latar belakang suku, budaya, ras, golongan dan agama.

“Tentu ini adalah, identitas Indonesia sesungguhnya, tidak hanya identitas tapi adalah kekayaan yang harus kita jaga, kelolah dan lestarikan,jika tidak dijaga dan dipelihara maka akan menjadi miskin di negeri sendiri, untuk itu kita wajib memupuk kebhinekaan, meskipun berbeda tapi kita tetap satu” terang Hermus.

Bupati mengungkapkan, Keberadaan PSMTI di kabupaten Manokwari adalah memperkuat pilar pemerintahan, termasuk pilar sosial dimana merupakan pilar kultur, yang wajib mengemban fungsi sosial kemasyarakatannya.

Baca Juga :   Pilkada 2024, Pemda Manokwari Gelontorkan Anggaran Senilai Rp 60 Miliar

“Sebagai organisasi sosial tidak hanya hidup bagi dirinya sendiri akan tetapi memiliki empati dan juga respect, serta sensitivitas terhadap lingkungan sekitarnya,” ujar Hermus.

Olehnya itu, Pemerintah Kabupaten Manokwari, mengapresiasi terhadap keberadaan PSMTI, serta keberlanjutan kepengurusan PSMTI, kiranya akan tetap meningkatkan kualitas partisipasinya, dalam keberlangsungan serta keberhasilan pembangunan kabupaten Manokwari.

“Keberadaan organisasi PSMTI menjadi sebuah organisasi yang mampu mengintegrasikan, seluruh kekuatan sosial kemasyarakatan yang ada, dimana tidak hanya mempersatukan warga Tionghoa sendiri, akan tetapi menjadi alat integrasi sosial yang mampu mempererat suku satu dengan suku lainnya, sehingga kita semua menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, antara satu dengan yang lain, secara bersamaan, kita mampu membangun daerah, dalam mensejahterakan dan memakmurkan seluruh masyarakat Manokwari, serta kemajuan bangsa” harap Bupati.

Selamat dan sukses atas pelantikan segenap pengurus PSMTI periode 2022 – 2026, selamat bertugas, selamat berkarya dan berbakti dalam membangun bersama Manokwari menuju kota religi, yang damai, aman dan sejahtera, tutup Hermus

Baca Juga :   Bawaslu Haltim Bersama Stakholder Akan Lakukan Penertiban Alat Peraga Sosialisasi (Baliho)

Pada kesempatan yang sama, Ketua PSMTI Alexander Irsiandi menyebut usia PSMTI saat ini genap 5 tahun dan selama ini telah berkiprah bersama pemerintah daerah kabupaten Manokwari dalam mendukung program pembangunan.

“Semoga dengan dilantiknya kepengurusan PSMTI yang baru, kita kobarkan semangat dalam membangun silaturahmi, dan bukan hanya menyatukan suku Tionghoa, tapi berbaur dengan suku satu dengan yang lain, dan kebudayaan suku Tionghoa dapat terpelihara dan bisa beradaptasi dengan kebudayaan lokal” kata bupati.

“Supaya dapat hidup berdampingan dan mari kita membangun suatu hubungan dengan lebih erat, antara suku-suku yang lain, sehingga bisa menjadi mitra kabupaten Manokwari, menciptakan suatu masyarakat yang kondusif dan harmonis,” kata Alex.

Selain itu pihaknya juga akan menyusun beberapa program dimana apabila ada warga Tionghoa dan masyarakat kabupaten Manokwari, yang membutuhkan bantuan dan akan terus bekerjasama dengan pemerintah daerah Manokwari dan lebih konsisten kegiatan sosial, serta bersama-sama dengan suku-suku untuk saling membantu.

Baca Juga :   Penjabat Gubernur Papua Barat; Bernyanyilah Untuk Kemuliaan Tuhan

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Manokwari memberikan santunan sebesar Rp 20.000.00 juta, kepada penggurus PSMTI Manokwari.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Manokwari, Dandim 1801 Manokwari, Kafasharkhan Manokwari, Dewan Penyantun PSMTI Pusat Jakarta Susanto Pirono, Ketua Korwil setanah Papua Isaacs Montolalu, Wakil ketua Korwil PSMTI Modalki Sd, Wakil Ketua Korwil Paulus Arfayan, Ketua-ketua Kerukunan Kabupaten Manokwari, Ketua-ketua Paguyuban seManokwari, Keturunan Tionghoa sekabupaten Manokwari. Tokoh agama, Tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.(Red/Ien)

Pos terkait