Pemilihan PAW Kepalah Lembang Sasak Diduga Penuh Rekayasa Oleh Panitia

  • Whatsapp
Pemilihan PAW Kepalah Lembang Sasak Diduga Penuh Rekayasa Oleh Panitia

Tana Toraja Kabartimur.Com

Pemilihan Pergantian Antar Waktu (PAW) Kepala Lembang Sasak Kecamatan Bittuang Kab. Tana Toraja Rabu, 26/09/2018 yang dimulai Pkl 13. 23 Wita, berbuntut keberatan dan protes oleh calon No. Urut 1 bersama pendukungnya karena diduga Panitia Penuh Rekayasa.

Menurut Andi Angriany Pongtiku No. Urut 1 dari 2 Calon yang ada bahwa Panitia curang karena di sosialisasi pemilih disepakati 55 oarang dan tidak boleh genap kenapa di hari pencoblosan bertambah lagi satu pemilih, artinya genap, sudah 56 orang pemilih, berarti tidak sesuai dengan sosialisasi yang di bawakan oleh anggota DPRD yang membidangi pemerintahan ( Komisi II), yang ikut sosialisasi saat itu.

Bahkan pemilihan kesepuluh (10) unsur perwakilan yang akan memilih tidak sesuai dengan sosialisasi, karena anggota BPL tidak diikutkan semua untuk pembahasan jumlah peserta musyawarah, dan musyawarah tidak dilanjutkan dengan cara tidak mempertimbangkan unsur perwakilan sesuai kapasitasnya.

Dan sebagai calon saya merasa bahwa ada ketidak adilan yang terjadi karena anggota panitia hanya memberikan nama calon pemilih kepada calon salah satu tim yang seharusnya itu masih menjadi rahasia sebelum surat undangan diedarkan nama yang mewakili unsur yang hanya ditentukan oleh Panitia, jelas Andi Angriany kesal.

Jadi menurt Andi Angriany bahwa pemilihan ini banyak kecurangan, jadi kami tidak terima teriak Andi Pongtiku sambil meninggalkan ruang pemilihan.

Sementara Ketua Panitia Daniel Bonga Karua usai membacakan berita Acara pemilihan PAW bahwa pemilihan tetap kita laksanakan karena sudah sesuai aturan. Tahapan-tahapan yang kami lalui sudah sesuai aturan bahkan kami sudah koordinasi dengan Bapak Bupati dan Kabag Pemerintahan. Jadi tahapan PAW ini sudah kami lalui semua sesuai aturan yang ada, jelas Daniel Bongga.

Dari hasil pemilihan kedua calon PAW Lembang Sasak yang diikuti 2 pasangan calon yaitu No. Urut 1 Andi Angriany Pongtiku dengan perolehan suara sebanyak 4 orang dan No. Urut 2 Benyamin Bongga Karua dengan perolehan suara sebanyak 43 orang dari total pemilih yang ikut 48 orang tambah 1 kertas suara batal dari 56 pemilih yang di undang Panitia.

Pemilihan PAW Kepala Lembang Sasak turut di hadiri oleh Sekda Tana Toraja DR. Ir. Semuel Tande Bura, MM, Camat Bittuang, Kabag Pemerintahan dan Anggota Polsek Saluputti yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Saluputi IPTU Martinus Pararuk. (tim)

Pos terkait