Pembangunan Gedung Mambruk Manokwari Resmi Dilaunching

MANOKWARI, Kabartimur.com-Rencana Pembangunan gedung Mambruk di jalan percetakan secara resmi dilaunching oleh bupati Manokwari , Hermus Indou.

Launching pembangunan baru gedung Mambruk dilaksanakan di halaman Gedung wanita jalan percetakan Negara Manokwari, jumat (2/9/2022) ditandai dengan Pembongkaran Secara Simbolis Bangunan Lama Gedung Wanita, Gedung PKK dan Launching Pembangunan Gedung Baru Oleh Bupati Manokwari.

Pembongkaran gedung menggunakan alat Berat Excavator yang nantinya akan ditempati membangun gedung Mambruk yang memiliki fasilitas modern dan akan dikerjakan oleh CV PINGUNDONI.

Kepala dinas PUPR Kabupaten Manokwari, Emba Rantelino dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan dimulainya Pembongkaran sebagai tanda dimulainya pembangunan dalam rangka merevalitalisasi bangunan baru yang akan digunakan oleh pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Manokwari.

Rantelino menjelaskan bahwa biaya pembangunan dibebankan pada APBD tahun 2022 melalui dinas PUPR Kabupaten Manokwari senilai 9.668.375.000.140 diatas lahan seluas 3.654 meter persegi.

Baca Juga :   LAG Lakukan Penipuan Karena Tuntutan Ekonomi

lokasi eksisting pembangunan gedung baru ini dilaksanakan dalam rangka merevitalisasi total atau membangun baru gedung yang representatif yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah bahkan seluruh elemen masyarakat Manokwari.

Adapun tujuan dan sasaran pembangunan gedung ini adalah untuk membangun gedung baru yang representative modern sejalan dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati Manokwari pada poinnya yang ketiga yaitu membangun infrastruktur dan menata kawasan ibukota provinsi Papua barat yang modern dan berwawasan lingkungan.

Sasaran pembangunan gedung baru ini yaitu merevitalisasi total bangunan lama dan membangun bangunan gedung yang baru yang digunakan dan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat Manokwari.

Pelaksanaan pekerjaan pembangunan gedung baru akan dilaksanakan secara bertahap yaitu dua tahap dimana tahap pertama dilaksanakan pada tahun anggaran 2022.

Baca Juga :   Kasus Pembunuhan Berencana di Transito Wosi, Polisi Tetapkan Dua Tersangka

Gambaran teknis bangunan baru sebagaimana yang terlihat secara visual pada gambar tiga dimensi yang akan dibangun memiliki total luas seluas 3.654 meter persegi yang terdiri dari lantai dasar basement sebagai parkiran lantai 1 dan lantai 2 untuk pekerjaan pembangunan.

Tahap pertama terdiri dari pekerjaan konstruksi pekerjaan yakni pekerjaan pondasi beton dan beberapa pekerjaan mekanikal engineering dengan kapasitas tampung gedung ini setelah fungsional direncanakan kurang lebih 900 orang dan kapasitas daya tampung parkiran kendaraan sebanyak 105 kendaraan roda empat.

Secara fungsional ruang gedung baru nantinya akan dibangun beberapa ruang pendukung di dalamnya seperti kantor pengelola ruang rapat, ruang sekretariat ruang galeri, ruang makan, ruang transit, ruang VIP, ruang media, ruang persiapan, ruang staff, balkon, dan aula utama.

Sementara itu bupati Manokwari, Hermus Indou dalam penyampaiannya mengungkapkan bahwa pembangunan yang dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dimana fasilitas yang ada saat ini belum memadai dengan kondisi ruangan yang kurang memberikan kenyamanan.

Baca Juga :   Peringati Hari Kepahlawanan Sam Ratulangi, KKK Manokwari Gelar Syukuran

Olehnya itu, pemkab Manokwari mengambil inisiatif untuk membangun guna menjawab kebutuhan masyarakat Manokwari dan kawasan jalan percetakan akan ditata sebagai pusat perekonomian yang kompetitif dan pusat perkantoran akan dipindahkan.

Bupati berharap bangunan yang akan dibangun bisa bertahan seiring perkembangan jaman dan pihaknya menyampaikan ucapan terimah kasih kepada pihak konsultan yang telah merancang design gedung Mambruk.

“Saya berharap perencanaan pembangunan bisa selesai tepat waktu dan Target 2023 Desember gedung ini bisa diresmikan juga lapangan Borasi dan beberapa fasilitas lainnya bisa diresmikan” harap Bupati.(Red/VR)

Pos terkait