Pecah Rekor Lagi : Tambah 10 Kasus Baru, Covid-19 di Wondama Kini Jadi 110 Kasus

  • Whatsapp

WASIOR – Kasus harian virus corona atau covid-19 di Kabupaten Teluk Wondama kembali mencatatkan rekor tertinggi.

Pada Sabtu, 21 November 2020 ditemukan 10 kasus konfirmasi positif Covid-19 baru. Jumlah ini menjadi yang tertinggi sejak penemuan kasus perdana di Wondama pada awal Mei lalu.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Teluk Wondama dr.Yoce Kurniawan menjelaskan, 6 dari 10 kasus positif terbaru itu merupakan hasil tracing kontak erat kasus positif di Puskesmas Aisandami Distrik Teluk Duairi.

Sebanyak 15 sampel swab yang diambil beberapa waktu sebelumnya dikirim ke RS Provinsi Papua Barat di Manokwari untuk dilakukan pemeriksaan dengan PCR test. Hasilnya baru keluar pada Sabtu dini hari dimana dari 15 sampel yang dikirim 6 diantaranya dinyatakan positif Covid-19.

Dari 6 kasus positif itu 4 di antaranya merupakan petugas kesehatan Puskesmas Aisandami.

“Ada 6 yang positif di mana 2 di antaranya bergejala ringan dan 4 tanpa gejala. Gejalanya hilang penciuman. Dari 6 orang itu ada 4 orang tenaga medis, ini menambah 2 orang sebelumnya dari Puskesmas Aisandami yang diketahui positif ringan sehingga total ada 6 tenaga medis (Puskesmas Aisandami yang positif), “ungkap Yoce dalam konferensi pers di Manggurai, Sabtu malam.

Sementara 4 kasus lainnya merupakan hasil pemeriksaan dengan TCM swab di RSUD Teluk Wondama. Dari ke-4 kasus baru itu, jelas Yoce, satu orang masuk dengan gejala berat yakni sesak napas berat. Yang bersangkutan yaitu laki-laki, 64 tahun sudah diberikan terapi oksigen tekanan tinggi. Sementara 3 lainnya termasuk kategori ringan.

Dengan tambahan 10 kasus baru maka jumlah total kasus Covid-19 di Wondama kini menjadi 110 kasus. Sehingga kasus aktif yang masih dirawat saat ini berjumlah 28 orang.

Sebanyak 24 orang dirawat di RSUD dan 4 orang menjalani karantina mandiri. Adapun kasus sembuh belum ada tambahan masih tetap 78 dan 4 orang meninggal dunia.

“Mohon dengan semakin bertambahnya kasus kami harapkan warga semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, “pesan Direktur RSUD Teluk Wondama itu. (Nday)

Pos terkait