Paslon A2 Janjikan Tambahan Penghasilan PNS Pemkab Wondama Naik 100 Persen

  • Whatsapp

WASIOR – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Teluk Wondama Elysa Auri-Fery Auparay (A2) menjanjikan kenaikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi PNS Pemkab Wondama jika terpilih mereka memenangkan Pilkada 2020.

Tak tanggung-tanggung paslon nomor urut 1 itu menjanjikan kenaikan TPP mencapai 100 persen bagi PNS golongan II dan golongan III dan 50 persen bagi golongan IV atau eselon II dari besaran TPP yang diterima sekarang ini.

Bacaan Lainnya

Adapun besaran TPP yang diterima PNS Pemkab Wondama sekarang ini dinilai masih jauh dari memadai. Hal itu diklaim menjadi salah satu faktor yang membuat kinerja PNS Pemkab Wondama belum mencapai level yang memuaskan.

“TPP ASN kalau cuma 1 juta maka kita tidak bisa paksa dia untuk bisa bekerja secara maksimal. Maka kita akan naikkan TPP sampai 100 persen untuk yang golongan II dan III.

Untuk yang eselon II kita kasih naik 50 persen supaya dia tidak korupsi dan 24 jam bisa layani masyarakat karena kesejahteraan mereka sudah dijamin,“tandas Fery Auparay dalam kampanye terbatas di Manggurai, Distrik Wasior, Jumat (16/10/2020).

Juru kampanye Paslon A2 yang juga Wakil Ketua DPRD Teluk Wondama H.Arwin menambahkan, tambahan penghasilan yang diterima PNS Pemkab Wondama termasuk yang terkecil di Provinsi Papua Barat.

Itu sebabnya, kata Arwin, Auri-Auparay berkomitmen memberi perhatian khusus terhadap nasib PNS agar kinerja birokrasi serta kualitas pelayanan publik di Wondama bisa semakin meningkat.

“TPP di Wondama ini bisa dibilang sangat menyedihkan, sehingga begitu dilantik Pasangan A2 akan naikkan TPP yang staf 100 persen dan yang eselon II 50 persen, “ucap politisi PDIP itu.

Selain kenaikan TPP, Paslon A2 juga berjanji menyediakan anggaran bagi para PNS khususnya golongan II untuk bisa melanjutkan pendidikan maupun pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas diri juga sekaligus demi mempercepat jenjang karier mereka. Jalur pendidikan yang bisa ditempuh antara lain melalui Universitas Terbuka (UT).

Fery Auparay mengatakan, pihaknya sudah menghitung jumlah PNS golongan II yang ada di lingkup Pemkab Wondama saat ini mencapai 1.000 lebih orang. Dengan kisaran 1.000 orang maka anggaran yang dibutuhkan sedikitnya 5 miliar pertahun. Dengan postur APBD Teluk Wondama yang sudah menembus 1 triliun, paslon A2 yakin jumlah 5 miliar pertahun sangat memungkinkan untuk bisa direalisasikan.

“Bagaimana kita tingkatkan SDM 1.000 lebih ASN golongan II yang asli Papua ini mereka harus disekolahkan sehingga 10 atau 15 tahun ke depan ASN orang Papua yang akan menduduki jabatan-jabatan penting di Pemda. Jadi kami mendorong percepatan peningkatan kualitas dan kompetensi ASN asli Papua, “ ujar Fery di hadapan masaa pendukung. (Nday)

Pos terkait