Corona Kian Ganas, Pemkab Wondama akan Beli PCR Test

  • Whatsapp

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama rencananya akan  membeli mesin PCR (polymerase chain reaction) untuk pemeriksaan virus corona atau Covid-19 dalam tahun ini.

Keberadaan mesin PCR dipandang penting dalam rangka mengoptimalkan upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama dr.Yoce Kurniawan mengatakan pengadaan mesin PCR  telah mendapat restu dari DPRD dalam sidang Perubahan APBD tahun anggaran 2020 beberapa waktu lalu.

“Mudah-mudahan bulan depan, di dalam sidang perubahan kemarin, Dewan sudah setuju kalau tahun ini kita akan mengadakan PCR test. Mudah-mudahan bulan depan PCR-nya sudah running (dioperasikan). Saat ini sedang dalam proses mencari barangnya, “kata Yoce dalam jumpa pers di Manggurai, baru-baru ini.

Untuk diketahui selama ini pemeriksaan Covid-19 di Wondama sudah dilakukan secara mandiri dengan mengunakan mesin TCM (tes cepat molekuler) milik RSUD Teluk Wondama. Pemeriksaan Covid dengan mesin TCM diklaim memiliki tingkat akurasi setara PCR test. Hanya saja mesin TCM dalam pengoperasiannya membutuhkan bahan utama berupa cartridge yang ternyata ketersediaanya secara nasional sangat terbatas.

Hal itulah yang membuat pemeriksaan virus corona di Wondama tidak bisa dilakukan secara massif lantaran terkendala stok cartridge yang terbatas.

“Melalui pengadaan PCR tentu penemuan kasus akan semakin gencar, “ucap Yoce yang adalah Direktur RSUD Teluk Wondama.

Adapun dalam Perubahan APBD tahun anggaran 2020, RSUD Teluk Wondama telah memasukan alokasi anggaran untuk penyiapan ruang laboratorium khusus untuk PCR test.

DPRD sendiri melalui pandangan Fraksi Adil Makmur mendorong Pemkab Wondama mengadakan mesin PCR agar pemeriksaan Covid-19 bisa dilakukan secara lebih luas. (Nday)

Pos terkait