KPU Luwu Utara Mulai Gelar Tes Tertulis Calon Anggota PPS

LUWU RAYA, Kabartimur.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utar (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (6/1/2023) menggelar tes tertulis terhadap 1038 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Lutra dan di Kecamatan Sabbang Selatan ada 60 calon anggota PPS dari 10 desa pada pemilu serentak 2024.

Ketua KPU Luwu Utara Syamsul Bahri melalui Hayu Vandy Pamorron komisioner divisi teknis mengatakan bahwa, calon anggota PPS yang mengikuti tes tertulis ini adalah mereka yang dinyatakan lolos pada seleksi administrasi.

Bacaan Lainnya

“Tes tertulis ini hanya kita lakukan satu hari ini saja. Tes tertulis ini kita lakukan di gedung SMPN 1 Sabbang Selatan yang berlokasi di Desa Dandang. Ada 60 orang calon anggota PPS yang ikut seleksi tertulis ini di Kecamatan Sabbang Selatan,” sebut Hayu pada media ini di lokasi tempat tes tertulis.

Baca Juga :   Tingkatkan Akses Bagi Keluarga Beresiko Stunting, DP3AKB Kabupaten Manokwari Gelar Sosialisasi Pokja TPPS

Hayu menjelaskan, dalam tes tertulis ini peserta diberikan waktu selama 90 menit untuk menjawab 50 soal pilihan ganda. Materi soal ini berkaitan dengan penyelenggaraan pemilihan atau Pemilu.

Nantinya, tambah Hayu, dari 60 orang calon anggota PPS yang mengikuti seleksi tertulis ini akan ditetapkan 6 besar disetiap desa untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni tahapan wawancara.

KPU Luwu Utara akan menetapkan 219 anggota PPS terpilih saja di 173 desa dan kelurahan. Dan untuk Kecamatan Sabbang Selatan 30 anggota PPS.

“Setelah tes tertulis akan diambil 6 besar disetiap kelurahan dan desa. Selanjutnya 6 besar ini akan mengikuti tahapan akhir yakni wawancara. Berdasarkan hasil wawancara ini nanti akan ditetapkan 3 orang yang akan menjadi anggota PPS disetiap desa dan kelurahan,” jelas Hayu. (Red/Megasari)

Pos terkait