Kota Tidore Pimpin Juara Umum STQH Ke XXVII Tingkat Provinsi Maluku Utara Di Halmahera Timur 2023

HALTIM,Kabartimur.Com – Pelaksanaan Seleksi Tilwatil Qur’an dan Hadits (STQH)ke – XXVII tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut) di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim),yang dibuka sejak Tanggal 15 Juni lalu resmi di tutup. Dalam penutupan tersebut Kota Tidore memimpin juara umum STQH ke-XXVII tingkat Provinsi Malut 2023. Penutupan STQH yang ditutup langsung oleh Gubernur Malut , diwakili Sekretaris Provinsi Malut Drs. Samsuddin Abdul Kadir.

Samsudin dalam sambutannya, mengatakan STQH Tingkat Provinsi Malut merupakan suatu kegiatan dalam tradisi dan melekat pada kultrul masyarakat yang mana memiliki daya tarik tersendiri dilingkup masyarakat.

Bacaan Lainnya

Sehingga itu, dengan pelaksanaan STQH tingkat Provinsi Malut sejak pembukaan hingga penutupan malam ini, tentunya Bupati dan Wakil Bupati Haltim selaku tuan rumah pada saat pembukaan telah menaruh harapan besar yang memiliki dampak positif melalui kegiatan ini agar dapat memberikan pencerahan terhadap masyadakat Haltim terhadap kandungan Al-Qur’an.

Baca Juga :   Jabat Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Bambang Kunjungan Perdana Ke Rutan Kelas II A Kendari

“Dengan berakhirnya loma ini, maka saya percaya selama pelaksanaan STQH ini, semua peserta telah berjuang dan menampilkan yang terbaik demi mengharumkan nama masing-masing Daerah perwakilanya. Begitupun Dewan Hakim yang telah menjalankan tugas sesuai tupoksinya masing-masing,”Katanya.

Selain itu, dirinya mengucapkan selamat atas juara yang merai pertasi tersebut semoga dapat ditingkat untuk dapat mengikuti perwakilan tingkat nasional, sementra peserta yang belum berkesempatan mendapatkan juara maka jangan dulu berkecil hati, karena peserta yang telah mengikuti perlombaan STQH ini semuanya peserta terbaik. Sebab iven ini bukan hanya ajang kompetisi semata melainkan pada hakekatnya pada kesadaran umat khusunya pada generasi muda dalam membac, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandum Al-Qur’an.

“Atas nama pemrintah Provinsi Malut, mengucapkan terimaksi kepada Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh jajaran Pemerintah Haltim yang telah bekerja keras dalam menyukseskan iven besar ini,”Pungkasnya

Baca Juga :   Polsek Wasile Serahkan Hasil Ops Rutin ke Polres Halmahera Timur

Hal yang sama juga dikatakan Bupati Haltim, Drs. Ubaid Yakub, dalam sambutanya, mengucapakan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur , Wakil Gubernur dan Sekertaris Provinsi Maluku Utara, yang mana telah memebrikan kepercayaan kepada Haltim selaku tuan rumah STQH tingkat Provinsi Malut.

“Terimah kasih juga kepada semua pihak yang telah berkontribus dalam mensuksekan kegiatan, sehingga STQH dari pembukaan hingva penutupan ini dapat berjalan dengan baik,”terangnnya

Serta menambahakan, dalam pelaksanaan iven ini, tentunya masih banyak kekurang, sehingga dirinya meminta agar dapat menrimah kekurangan selama pelaksanaan iven ini.

Diketahui, berdasarkan Dewan Hakim STQH ke XXVII Tingkat Provinsi Malut di Haltim, perlombaan sejak 15 – 19 Juni 2023 dengan peserta 132 perwakilan Kabupaten/Kota, Kota Tidore keluar sebagai juara umum dengan memproleh nilai 40 dari 8 peserta, semenatara juara umum kedua dengan total nilai 9 dari 3 peserta dan juara tiga umum dengan total nilai 3 dari. Sehingga itu Dewan Hakim pun memutuskan Kabupaten/Kota sebagai peringkat tiga besar pada STQH ke-XXVII Tingkat Provinsi Malut Tahun 2023, Kota Tidore ditetapakan sebagai peringkat satu dengan total nilai 52, pringkat dua Kota Ternate dengan total nilai 30 dan peringkat tiga jatuh pada Kabupaten Halmahera Barat dengan total nilai 18.

Baca Juga :   Antisipasi Aksi Unjuk Rasa Serentak, Polres Haltim Gelar Apel Bersama TNI

Penutupan STQH di tutup secara meriah denga di ramaikan tarian kolosal oleh siswa siswi Halmaher Timur, serta lantunan ayat suci Al Qur’an oleh Qori Terbaik dewasa asal Halmaher Tengah.
(Red/Ruslan)

Pos terkait