Kecamatan Rantepao Wakili Torut Lomba Masak Tingkat Provinsi

  • Whatsapp

 

Bupati Toraja Utara, membuka secara resmi Lomba Cipta Menu B2SA bagi TP PKK kecamatan se-kab Toraja Utara,Jumat pagi (23/6/2017).

Turut serta hadir dalam lomba tersebut,ketua TP PKK kab, Toraja Utara, Ny. Linda Sumilat, kepala dinas Kesehatan dr. Marsiano Sitono Manapa, Sp.B,kepala dinas Ketahanan Pangan Ir. Barnatje Srijanti Toban,camat lingkup Toraja Utara, ketua persit Candra kirana kodim 1414 Tana Toraja,ketua PHRI, ketua TP PKK kecamatan, serta anggota PKK kab, Toraja Utara.

“saya sangat mengapresiasi dengan program-program kerja dari TP PKK kab. Toraja Utara, yang terus membangkitkan semangat dari masyarakat Toraja Utara, khususnya dalam bidang pangan ini. Apalagi kegiatan seperti ini, merupakan salah satu tolak ukur juga bagi semua, dalam mendukung program pemerintah, untuk hidup sehat. Lomba masak yang menggunakan bahan pangan atau bahan yang di hasilkan dari hasil tanam kita sendiri,merupakan program yang sangat baik, menciptakan menu-menu masakan dengan bahan lokal, tentunya akan menjadi titik tolak juga bagi masyarakat untuk menarik wisatawan datang ke Toraja, khususnya Toraja Utara. Dan dengan demikian, maka secara langsung pula, kita sudah ikut mempromosikan bahan pangan atau bahan lokal yang kita miliki. Kita tidak harus beli bahan dari luar untuk di jadikan bahan olahan makanan kita.maka dari itu, saya juga mengajak kepada kita semua, supaya kita semangat untuk menghasilkan bahan lokal sendiri. Dengan cara, mari kita mulai menanam.”

Ucap Kalatiku paembonanDitambahkannya pula, “saya harap, nantinya kecamatan yang terpilih sebagai juara dalam perlombaan ini, yang nantinya akan mewakili Toraja Utara di Makassar/tingkat Propinsi, akan menjadi juara juga.”

Bertindak sebagai juri dalam perlombaan tersebut,

1.dr.Meiladna M Ulli. Sirait, (kepala persit candra kirana)

2.Ir.Barnatje Srijanti Toban (kadis Ketahanan Pangan)

3.Yohan Tangke Salu ( ketua PHRI)

Dari 21 kecamatan yang menjadi peserta lomba, kecamatan Rantepao terpilih sebagai juara,karena memenuhi kriteria penilaian lomba, yang di dalamnya adalah penilaian menu makanan dengan menggunakan bahan pangan lokal. Dan kecamatan Rantepao nantinya akan mewakili Toraja Utara dalam lomba masak tingkat propinsi di Makassar.

Selain lomba masak, dalam kegiatan jumat pagi (23/6/2017),dilaksanakan pula sosialisasi Makanan Berbahaya Bagi Kesehatan. dr. Marsiano Sitono Manapa, Sp. B. Selaku nara sumber di sosialisasi tersebut, menjelaskan bagaimana cara-cara dalam memilih bahan makanan yang baik untuk di konsumsi yang tidak berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh.

Rangkaian kegiatan yang di laksanakan di Lapangana Bakti Rantepao ini, di selenggarakan oleh Pokja III TP PKK kab. Toraja Utara bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Toraja Utara.