Kader PSI Mulai Gerilya Bersama Relawan HEBO

  • Whatsapp

MANOKWARI– Selain menggerakkan infrastruktur dan sumberdaya partai, saat ini anggota dan relawan utama Partai Solidaritas Indonesia juga terlibat aktif dalam sejumlah tim relawan pendukung Hermus Indou-Edy Budoyo untuk Pemenangan Pilkada Manokwari.

“Tanpa dikomando oleh partai pun, kawan-kawan sudah bergerak secara swadaya menjangkau basis-basis dan anggota komunitas mereka yang mungkin saja ada diantaranya yang belum berafiliasi ke PSI. Itulah yang perlu dijangkau,” kata Ketua DPD PSI Manokwari, Patrix Barumbun Tandirerung yang juga adalah Koordinator Penggalangan Khusus (Millenial, Perempuan dan Kelompok Profesi) Koalisi Parpol Pendukung HEBO.

Apa yang disebut oleh Patrix, bukan isapan jempol. Tokoh pemuda yang juga kader PSI di Distrik Masni, Lukas Koyani misalnya kini terlibat dalam Barisan Relawan Independen Masni untuk mememenangkan HEBO di wikayah tersebut. Ditemui usai mewakili relawan dalam pertemuan bersama Koalisi Parpol Pendukung HEBO, Selasa (1/9) di Mansinam Beach, Lukas mengatakan kelompok relawan pada dasarnya lahir sebagai inisiatif yang muncul dari masyarakat tanpa melihat dan membedakan afiliasi politik.

Bisa saja, kata Lukas, mereka yang terlibat di tim relawan pada Pileg lalu adalah pemilih partai yang kini mendukung pasangan berbeda. Perbedaan-perbedaan itu membuat mereka bergerak melalui tim-tim relawan yang tidak terikat pada agenda parpol.

“Saya sendiri bersyukur karena aspirasi politik PSI tetap selaras dari pusat sampai daerah. Hanya saja di lapangan, saat memobilisasi warga belum tentu warga dan komunitas mau tergerak karena faktor partai, maka kami juga terlibat dalam pengorganisasian relawan untuk meningkatkan partisipasi politik, sama pentingnya ketika parpol yang menggerakkan pengurusnya,” jelas Lukas.

Kader PSI lain, Evi Ramayana Silitonga juga memilih terlibat dalam Tim Relawan Akar Rumput Pemenangan HEBO sebagai bendahara.

Pilihan itu karena komunitasnya juga berangkat dari latar warga dengan afiliasi (partai) politik yang beragam. “Bagi saya tidak ada masalah dengan itu. Intinya kita tidak keluar dari garis kebijakan partai tapi bisa tetap bekerja dalam mendorong partisipasi politik warga,” ucapnya mantap.

PSI tidak memiliki kursi di DPRD Manokwari. Akan tetapi pada Pileg 2019 lalu untuk tingkat kabupaten, PSI meraih 4000-an lebih suara dengan basis utama di Manokwari Barat, Manokwari Timur, Manokwari Selatan dan Masni dengan mengandalkan sistem canvasing (door to door) dan pemanfaatan media sosial sebagai taktik elektoralnya.

PSI Manokwari mantap melabuhkan dukungannya ke pasangan HEBO setelah pimpinan pusat partai berlambang mawar ini menyerahkan SK dukungan beberapa waktu lalu di Jakarta ke pasangan HEBO.

Adalah Sekjend DPP PSI, Raja Juli Antoni ditemani mantan vokalis band Nidji, Giring Ganesha– Kini Plt Ketum DPP PSI– menyerahkan SK itu; yang diterima oleh bakal calon bupati, Drs Edy Budoyo yang juga adalah Plh Bupati Manokwari. (*)

Pos terkait