HUT Kota Manokwari Ke-124 Tahun, Pj Gubernur Papua Barat Launching Bulan Bakti Gotong Royong

MANOKWARI, Kabartimur.com– Pencanangan Bulan Bakti gotong royong dalam rangka memperingati hari jadi kota Manokwari ke 124 tahun resmi dilaunching oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat di Lapangan Borarsi Jumat  (14/10/2022) ditandai dengan Sirene dan penabuhan Tifa Serentak dan pemotongan tumpeng kue ulang tahun Provinsi Papua Barat ke-23 Tahun.

Ketua Panitia Bulan Bakti Gotong Royong, drg.Henry Sembiring dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan bulan bakti gotong royong masyarakat adalah Menjaga dan melestarikan budaya gotong royong sebagai budaya asli bangsa Indonesia dan  Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Bacaan Lainnya

Selain itu juga meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan serta meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.

Baca Juga :   Tingkatkan Peran Aktif Masyarakat Terhadap Pembangunan, Pemda Manokwari Laksanakan Pengecoran Jalan Lingkungan

Dan untuk menggelorakan semangat gotong royong dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan ke swadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat.

Adapun Panitia bulan bakti gotong royong terdiri dari pemerintah kabupaten Manokwari, BUMD, perbankan, dan swasta/pengusaha yang bermukim di wilayah Manokwari.

Sementara untuk waktu kegiatan bulan bakti gotong royong dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 8 Oktober sampai dengan tanggal 8 November 2022.

Sedangkan anggaran pembiayaan pada kegiatan bulan bakti ini terdiri dari dua anggaran bantuan berupa hibah dari pemerintah provinsi Papua barat dan anggaran dari masing-masing OPD sesuai DPA tahun anggaran 2022.

Daftar Kegiatan Bulan Bakti yang Telah Dilaksanakan

Sembiring  menjelaskan bahwa secara pararel kegiatan bulan bakti gotong royong yang telah dilaksanakan antara lain:

Kegiatan pekan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan yang diselenggarakan oleh badan pendapatan daerah,

Kegiatan pencatatan sipil massal bagi ASN (pns/ cpns//honorer) oleh dharma wanita persatuan bekerja sama dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil.

Baca Juga :   HUT Kota Manokwari Ke-124 Tahun, Norman Tambunan: Jangan Lupakan Rakyat

Lomba kreasi Line dance Cha-cha yang diselenggarakan oleh gabungan organisasi wanita ( GOW),

Pencanangan pangan pendamping beras sesuai dengan instruksi Bupati nomor 19 tahun 2022 oleh dinas pertanian dan ketahanan pangan dan dinas pemberdayaan masyarakat dan kampung,

Lomba fashion show dan lomba wayase yang dilaksanakan oleh tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga ( TPPKK)

Festival ecotourism oleh Bank Indonesia provinsi Papua barat.

Penetapan instruksi Bupati nomor 188.5/1287 tentang penggunaan noken di setiap hari Kamis, yang sudah dimulai sejak Kamis, Minggu lalu  untuk meningkatkan ekonomi lokal terkhususkan bagi mama-mama Papua, dan melestarikan budaya, karena noken Papua sudah menjadi warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO,

Pencanangan identitas digital dan launching ADM (anjungan dukcapil mandiri) oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil,

Penyerahan bantuan modal usaha bagi pelaku usaha mikro OAP oleh dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan UMKM,

Launching BLU_e bukti lulus uji elektronik oleh dinas perhubungan kelautan dan perikanan,

Baca Juga :   Bulan Bhakti Gotong Royong Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari Gelar Lomba Balada Cendrawasih 

Lomba sepeda hias berbahan daur ulang tingkat SD dan SMP oleh bank Papua cabang Manokwari,

Beda rumah dan pembagian bantuan bahan bangunan rumah oleh dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman,

Launching kelurahan bebas narkoba oleh kelurahan sanggeng bekerjasama dengan BNN perwakilan Papua barat,

Dan gerakan bersih kota serentak dan bersih pesisir pantai serentak di distrik Manokwari barat dan distrik Manokwari Selatan, sekaligus dalam rangka HUT provinsi Papua barat ke-23,

Penandatanganan SK pembentukan forum LLAJ kabupaten Manokwari dan launching gerakan Manokwari tertib lalu lintas,

Dan kegiatan-kegiatan lainnya yang akan terus dilaksanakan oleh seluruh opd dan seluruh mitra pemerintah kabupaten Manokwari, selama masa bulan bakti gotong royong.

Sebagai Informasi bahwa Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Pemerintah Kabupaten Manokwari Bersama Seluruh Elemen Masyarakat diawali dengan kegiatan jalan santai yang mengambil rute star di halaman kantor dinas Kominfo, Jl. Percetakan Negara Sanggeng Manokwari dan finish  di Lapangan Borasi Manokwari. (Red/VR)

Pos terkait