HPN 2020, Ketua PWI PB Tekankan Beberapa Hal Penting.

  • Whatsapp

Kabartimur.com, MANOKWARI — Mengusung tema, Pers menggelorakan Kalimantan Selatan sebagai gerbang ibukota negara, dan sub tema, Pers Papua Barat peduli lingkungan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Barat menggelar perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 yang berlangsung pada Sabtu (15/02).

Hadir dalam perayaan itu, Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari, Perwakilan DPD RI, Perwakilan Polda Papua Barat, DPRD Papua Kabupaten Manokwari, dan beberapa Instansi lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua PWI Papua Barat, Bustam Menyebut, baik pers maupun penyelenggara pemerintahan berbagai kekuatan sosial lainnya, sama-sama mendambakan keberhasilan dari setiap gerak langkahnya. Pekerjaan itu harus diolah, dicerna dan ditransformasikan, sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

Baca Juga :   Gandeng PT POS Indonesia Pemkab Manokwari Salurkan Bantuan Belajar bagi Mahasiswa asal Manokwari

“Sebagai konsekwensi demokrasi yang menjamin kebebasan atas dasar persamaan, hubungan antara penyelanggara pemerintahan dengan pers akan memberi manfaat sebesar-besarnya apabila dilandasi prinsip saling percaya, saling jujur dan saling terbuka.” Kata Bustam.

Lanjut Bustam, Dalam alam demokrasi, keberpihakan pers semestinya berpihak kepada publik, bukan terhadap kekuatan politik atau aliran politik tertentu.

“Pers partisan sadar atau tidak sadar dapat merendahkan diri sendiri karena kemungkinan melalaikan kewajiban menjunjung tinggi profesionalisme pers, kode etik pers, standar-standar jurnalistik, dan lain sebagainya.” Tutur Bustam.

Dalam kesempatan itu, Bustam juga menyampaikan, dalam momen HPN tahun 2020 yang diselenggarakan di Banjarmasin beberapa waktu lalu, Provinsi Papua Barat dipercayakan untuk mewakili Indonesia Timur guna melakukan penanaman pohon di hutan kota yang juga dikenal sebagai hutan Pers.

“2 jenis pohon yang ditanam saat itu adalah Pala dan Matoa.” Pungkasnya. (AG)

Baca Juga :   Warga Demo Desak MRP dan Gubernur Minta Seleksi Bintara Noken Harus Ada Penambahan Kuota

Pos terkait