Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Tekankan Persatuan Jadi Modal Utama Pembangunan

  • Whatsapp

WASIOR – Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Bernadus Imburi menjadi inspektur upacara bendera dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 yang dipusatkan di lapangan apel perkantoran Pemda di Isei, Senin (20/5).
Sesuai dengan tema nasional Harkitnas ke-111 yakni ‘Bangkit Bersatu’, Imburi mengajak semua komponen masyarakat Wondama untuk terus menjaga dan memperkokoh persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa. Persatuan menjadi modal utama pembangunan.
Bupati mengutip pesan Bung Karno dalam sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara yang menekankan bahwa inti dari Pancasila sejatinya adalah persatuan atau kebersamaan yang termanifestasi dalam gotong royong.
“Nilai ini yang harus dipegang teguh karena bangsa ini kita berbeda suku bangsa, agama, budaya, adat istiadat tetapi kita bisa ada sampai hari ini karena kita bersatu. Jadi saya harap semua rakyat penduduk di Wondama, PNS, TNI/Polri, di dalam juga ada DPRD hanya nilai itu saja dengan kita bersatu kita bisa laksanakan apa yang mau kita laksanakan, “ ujar Imburi usai upacara.
Orang nomor satu Wondama itu juga mengajak generasi muda Wondama untuk menghayati makna dibalik peringatan Harkitnas sebagai tonggak awal di mana rasa persatuan dan kesatuan sebagai satu bangsa dan satu tanah air mulai diletakkan.
“Peringatan Harkitnas ini penting sekali karena itu adalah hari ulang tahun yang pertama dalam sejarah bangsa ini. Ini lebih dahulu 20 tahun sebelum Sumpah Pemuda. Ini dasar di mana persatuan bangsa ini diletakkan, “ ucap Imburi.
“Saya senang juga karena Harkitnas jatuh pas bulan Ramadan. Kiranya dengan semangat Harkitnas mari kita sama-sama masyarakat untuk tetap pegang nilai persatuan. Karena kita bersatu, kita kuat dan kita bisa lakukan apapun yang kita ingin buat, “ lanjut mantan dosen Universitas Cenderawasih Jayapura ini.
Upacara Harkitnas diisi dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945. Bertindak sebagai komandan upacara adalah Kepala Dinas Kominfo Rusman Tingginehe.
Ikut hadir dalam upacara Harkitnas Sekda Denny Simbar, Wakapolres Kompol Lang Gia, Danramil Wasior Mayor Inf Andri Risnawan, para Asisten Sekda serta sejumlah besar pimpinan OPD Pemkab Wondama. (Nday)

Pos terkait