Dinas Kesehatan Wondama Perkuat Layanan HIV/AIDS di Puskesmas

  • Whatsapp

WASIOR – Layanan medis bagi penderita HIV/AIDS di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat tidak lagi berpusat di Rumah Sakit Umum Daerah tetapi bisa langsung ditangani di tingkat Puskesmas.
Dalam rangka itu, mulai Senin (20/5) digelar Pelatihan Komprehensif HIV/AIDS dan IMS bagi para dokter, perawat, bidan dan analis yang bertugas di semua Puskesmas di Teluk Wondama.
Pelatihan yang dijadwalkan berlangsung selama 5 hari digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Teluk Wondama.
“Kita kasih perkuat pertahanan di Puskesmas supaya pelayanan ke depan kita bisa temukan, kita berikan pelayanan supaya jangan berkembang lagi. Penyakit ini cukup di sini saja jangan dia berkembang lagi, “ kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama Elias Parairaway usai membuka pelatihan tersebut di hotel Aitumieri Inn di Miei, Wasior.
Diakui Parairaway, selama ini pelayanan medis terhadap para pengidap HIV/AIDS di Wondama belum maksimal. Selain karena fasilitas penunjang yang belum memadai, juga belum tersedia petugas medis yang memiliki kapasitas dan kemampuan menangani HIV/AIDS.
“Justru itu teman-teman ini ikut pelatihan dulu baru nanti mereka persiapkan. Nanti mereka yang siapkan alat-alat, fasilitasnya itu bagaimana. Jadi nanti setiap Puskesmas akan ada pelayanan HIV/AIDS, “ ucap Parairaway. (Nday)

Pos terkait