Gubernur PB Bakal Hadiri Perayaan HPN Kendari

MANOKWARI, Kabartimur- Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan bakal menghadiri langsung peringatan Hari Pers Nasional di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, 9 Februari mendatang. Hal ini disampaikan Gubernur usai bertemu dengan Ketua PWI Papua Barat, Senin (31/1/2022) Diruang kerjanya.

Rencana Kehadiran Gubernur Papua Barat pada perayaan puncak HPN Kendari, atas undangan Menteri lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar terkait dengan percepatan rehabilitasi Mangrove bersama 9 Gubernur lainnya.

Menurut Gubernur, Sebagai Provinsi Konservasi merupakan tanggungjawab untuk terus melestarikan Hutan Mangrove dikawasan teluk Papua Barat dan Undangan di kendari adalah suatu hal dihdiri.

Program percepatan rehabilitasi Mangrove, menurut Gubernur, merupakan agenda nasional yang harus didukung oleh setiap daerah. Ia menyadari, pentingnya keberadaan mangrove terutama bagi peningkatan perekonomian masyarakat dan kelestarian alam.

“Mangrove Memberikan banyak manfaat, selain menghindari bencana gelombang tinggi, tetapi menjadi tempat juga bagi udang, ikan dan kepiting. Kita perlu jaga ini, agar manfaat bisa dirasakan semua orang dan sekitar kawasan mangrove,” lanjut Gubernur.

Baca Juga :   Sertijab Dinkes Manokwari, Sekda: Ibarat Perahu Boath, Pengabdian Sembiring Sudah Berlumut

Sementara itu, ketua PWI Papua Barat, Bustam ST mengungkapkan, Gubernur Papua Barat merupakan satu dari 9 Gubernur yang akan hadir dalam prosesi penanaman mangrove di Kendari.

“Selain menteri Lingkungan hidup, juga akan hadir Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo. Selain penanaman juga akan dilakukan penandatanganan komitmen percepatan rehabilitasi Mangrove di sejumlah daerah di Indonesia,” kata dia.

Selain HPN yang dipusatkan di Kendari, Lanjut Bustam, PWI Papua Barat juga mengagendakan perayaan HPN lokal yang dilaksanakan di Manokwari sebagai Ibukota Provinsi Papua Barat, yang rencananya akan dihelat pada 16 Februari, atau seminggu setelah Perayaan ditingkat Nasional. (Red/TS)

Pos terkait