Empat Paslon Resmi Jadi Kontestan Pilkada Wondama, Terbanyak Sejak Pilkada Perdana 2005

  • Whatsapp

WASIOR – Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Teluk Wondama tahun 2020 dipastikan diikuti empat pasangan calon.

Keempat paslon itu adalah Pasangan Paulus Indubri-Kuro Matani (IDAMAN), Elysa Auri-Fery Auparay (A2) dan Bernadus Imburi-Zeth Marani (BERIMAN) yang diusung gabungan partai politik.
Satu paslon lain yaitu Pasangan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy maju melalui jalur perseorangan alias nonpartai.

KPU Teluk Wondama menetapkan keempat paslon itu memenuhi syarat untuk menjadi peserta Pilkada 2020. Ketetapan itu dimuat dalam pengumuman nomor : 620/PL.02-2-Pu/9207/KPU-Kab/IX/2020 tertanggal 23 September 2020 yang ditandatangani Monika Elsy Sanoy selaku Ketua KPU Teluk Wondama.

Hasil itu disambut baik oleh tim pemenangan dari ke-4 pasangan calon yang hadir di kantor KPU Teluk Wondama untuk menerima penyerahan dokumen penetapan paslon, Rabu sore.

Mereka menyatakan siap bersaing untuk memperebutkan suara rakyat Wondama pada 9 Desember nanti.

“Hasil penetapan pasangan kami memenuhi syarat. Berkaitan dengan itu kami juga berterima kasih kepada KPU sudah berupaya secara maksimal dalam meneliti dan memverifikasi berkas sehingga kami dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU, oleh penyelenggara, “ujar Ketua Tim Pemenangan Pasangan A2 Robert Gayus Baibaba.

Ketua Tim Relawan HEMAT Ridas Wambrau menyatakan lolosnya pasangan Mambor-Andi sebagai peserta Pilkada 2020 melalui jalur perseorangan merupakan buah manis dari upaya keras tim yang selama ini bekerja sepenuh hati.

“Ini adalah buah dari kerja keras tim yang sangat solid dan kami akan terus bekerja ke depan untuk membangun tim yang solid untuk kemenganan HEMAT,“ ujar Ridas.

Senada, Ketua Tim Pemenangan Pasangan IDAMAN Novi Marani menyatakan pihaknya akan siap tancap gas untuk bisa memenangi Pilkada 2020.

“Kami dari IDAMAN, kita sudah siap dengan mesin yang akan segera dijalankan pada saat tanggal 26 nanti (tahapan kampanye), “kata Ketua DPD Partai Perindo Wondama itu.

Demikian halnya Pasangan BERIMAN. Lolosnya pasangan petahana itu sebagai peserta Pilkada membuat tim pemenangan semakin optimis untuk bisa mengantarkan Bernadus Imburi melanjutkan kepemimpinannya di periode kedua.

“Puji dan syukur kepada Tuhan karena pada hari ini 23 September KPU telah menetapkan Pasangan Bernadus Imburi dan Zeth Marani telah memenuhi syarat. Kami sudah siapkan strategi untuk bisa membawa pasangan kami terpilih dua periode, “tandas Raphael Torey, Sekretaris Tim Pemenangan Paslon BERIMAN.

Hadirnya 4 paslon dalam Pilkada 2020 menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Kabupaten Teluk Wondama.

Selama tiga kali Pilkada sebelumnya yakni 2005, 2010 dan 2015 kontestan yang terlibat paling banyak tiga paslon. Pilkada 2020 juga menampilkan warna baru dengan masuknya pasangan independen.

Pasangan Mambor-Andi mengukir sejarah sebagai paslon independen pertama yang lolos menjadi kontestan Pilkada.
Keempat paslon selanjutnya akan mengikuti pengundian nomor urut yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis, besok. (Nday)

Pos terkait