Dukcapil Haltim,Diduga Terkesan Cuek Dengan Pelayanan Publik terkait Pembuatan KTP Elektronik

HALTIM,Kabartimur.Com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Halmahera Timur (Haltim),diduga terkesan cuek dengan pelayanan publik terkait dengan pembuat KTP Electronic.

Pasalnya, hingga saat ini kepala Dinas Capil Ismail Hayat Idris tidak bertindak untuk menyelesaikan masalah percetakan KTP Electronic.

Informasi didapatkan media ini,bahwa mesin pencetakan KTPL rusak dari tahun 2023, namun tidak dilakukan perbaikan atau pengadaan baru.

“Jadi mesin percepatan KTPL rusak dari tahun 2023 dari bulan Oktober hingga saat ini belum diperbaiki,” ujar salah satu sumber yang tidak mau menyebutkan namanya.

Lebih lanjut kata dia, makanya percetakan KTP selama ini menggunakan Printer Kia, untuk mengantisipasi pembuatan KTP. Namun saat ini juga tinta dari printer Kia yang digunakan untuk pencetakan KTP juga suda habis.

“Kurang lebih selama satu bulan tinta printer kia habis, sehingga tidak lagi dilakukan pelayanan percetakan KTP,” tuturnya.

Baca Juga :   Kota Tidore Pimpin Juara Umum STQH Ke XXVII Tingkat Provinsi Maluku Utara Di Halmahera Timur 2023

Hal ini juga dikeluhkan oleh beberapa orang yang melakukan pembuatan KTP. Mereka mengeluhkan bahwa kami suda jauh-jauh datang untuk pembuatan KTP namun tidak bisa.

“Kami suda buang waktu dan Anggaran namun tidak bisa melakukan percetakan. Seharusnya Dukcapil harus membuat pengumuman apabila pelayanan tidak bisa dilakukan, sehingga kami juga tidak ke kota maba untuk melakukan pengurusan, karena akses perjalanan jauh dan memakan Anggaran yang cukup besar,” tandasnya.

Sementara, hingga berita ini naik tayang, dalam upaya konfirmasi ke Kepala Dukcapil Haltim atas keluhan warga terkait layanan pembuatan E-KTP.

Penulis: Ruslan Haurisa

Pos terkait