Distribusi Logistik Pemilu 2024 Mulai Besok, KPU Wondama Sebut Kesiapan Sudah 95 Persen

WASIOR, Kabartimur.com– Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat memastikan distribusi logistik Pemilu 2024 ke tingkat distrik atau kecamatan akan dilakukan mulai 10 Februari, besok pagi.

Ketua KPU Teluk Wondama Yustinus Rumabur mengatakan kesiapan logistik sejauh ini telah mencapai 95 persen. Logistik utama Pemilu berupa surat suara, kotak suara dan bilik suara untuk kelima jenis Pemilu telah lengkap 100 persen.

“Logistik yang kurang adalah C-Plano. Saat ini sudah dalam penjemputan dengan longboat di Gunung Botak (Manokwari Selatan). Jadi mungkin sebentar sore atau malam sudah tiba (di Wasior), “ungkap Rumabur dalam rakor persiapan Pemilu 2024 di Aula Sasana Karya, Kantor Bupati Teluk Wondama di Rasiei, Jumat (9/2/2024).

Berdasarkan jadwal yang dibuat KPU Teluk Wondama, pengiriman logistik dari KPU ke PPD (Panitia Pemilihan Distrik) dilakukan pada 10-12 Februari untuk wilayah kepulauan dan pesisir yang meliputi delapan distrik/kecamatan diangkut menggunakan kapal laut.

Baca Juga :   Pastikan Netral dalam Pilkada, Ketua BKAG Wondama : Hamba Tuhan Sepantasnya Berada di Tengah

Ke-8 distrik itu adalah Kuri Wamesa, Windesi, Nikiwar, Wamesa, Sough Wepu, Rumberpon dan Roswar dan Roon.

Sementara pada 11-13 Februari, distribusi logistik untuk lima distrik tersisa menggunakan angkutan darat. Yaitu Distrik Teluk Duairi, Naikere, Rasiei, Wondiboi dan Wasior.

“Untuk satu TPS di Distrik Naikere yaitu di Kampung Oya, itu menggunakan helikopter. Nanti titik angkutnya di kantor distrik Naikere, “jelas Rumabur.

Kapolres AKBP Hari Sutanto mengatakan personel untuk pengamanan distribusi logistik telah disiapkan.

Hari menyatakan setiap pergerakan logistik Pemilu 2024 akan dikawal secara ketat oleh personel Polres Teluk Wondama juga dukungan pengamanan dari prajurit TNI Kodim 1811/Teluk Wondama.

“Tadi pagi (Jumat) kami sudah lakukan pengecekan pasukan untuk pengawalan distribusi logistik. Besok pagi (Sabtu) mereka berangkat bersamaan dengan personel untuk Pam TPS, “terang Hari.

Baca Juga :   SILPA 2018 Capai 16 M, Bupati Imburi Sebut Tidak Bisa untuk Biayai Kegiatan Baru

Dandim 1811/Teluk Wondama Letkol Inf Budi Setiadi menambahkan, pihaknya menyiagakan 79 personel untuk membantu pengamanan Pemilu 2024. Termasuk untuk membantu pengawalan logistik.

“Khusus untuk Oya (TPS terjauh di Distrik Naikere) ada tujuh orang. Tadi pagi sudah berangkat (jalan kaki), “ ujar Letkol Budi.

Bupati Hendrik Mambor mengharapkan semua pihak ikut mengambil peran untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 di Teluk Wondama.

“Kita harapkan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman lancar dan sukses dan semua masyarakat bisa memberikan hak pilihnya dengan baik dan tidak ada yang golput, “ucap Mambor. (Nday)

 

Pos terkait