Masa Tenang Pemilu 2024, Alat Peraga Kampanye di Manokwari Mulai Ditertibkan

MANOKWARI,kabartimur.com- Memasuki masa tenang pemilu 2024, Alat Peraga Kampanye (Apk) di kabupaten Manokwari mulai ditertibkan guna mewujudkan Pemilu yang Aman ,tentram dan damai.

Penertiban alat peraga kampanye dalam kota Manokwari dipimpin langsung oleh bupati Manokwari selanjutnya melalui dinas teknis dalam hal ini satpol PP bersama bersama Bawaslu, menggandeng Polri dan Kejati melakukan pembongkaran pada Minggu (11/02)2024).

Bacaan Lainnya

Kepada media, Bupati Manokwari,Hermus Indou menyampaikan bahwa para kontestan Pemilu dan penyelenggara pemilu wajib Patuh terhadap peraturan perundang-undangan ynag berlaku terutama UU Pemilu No. 7 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pemilu dimana seluruh tahapan pemilu telah dilewati dengan baik dan akan memasuki minggu tenang dan seluruh APK harus ditertipkan .

Baca Juga :   Bawaslu ManokwariTekankan Kualitas Pengawasan Pada Pemilu 2024

Selain itu pula, dapat memberikan kesegaran kepada seluruh rakyat di kabupaten Manokwari maupun ditingkat Provinsi untuk bisa merenungkan kembali calon dan pemimpin yang akan dipilih nantinya.

Sehubungan dengan itu, memasuki masa tenang pihaknya bersama bawaslu menertibkan APK dan memberikan kesempatan kepada rakyat untuk merenungkan dan akan memutuskan pilihan yang tepat dan benar untuk calon anggota legislatif untuk semua tingkatan dan juga Capres dan juga calon anggota DPR RI .

“Dan yang paling penting adalah memastikan Pemilu tahun 2024 ini tidak boleh ada pelanggaran terhadap penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Manokwari semua harus tetap berjalan sesuai dengan undang-undang yang berlaku untuk mewujudkan pemilu yang aman,bersih dan juga berkualitas serta berintegritas di kabupaten Manokwari” Harapnya.

Bupati menambahkan, terkait money politik potensi kemungkinan ada dan tidak bisa pungkiri akan tetapi hal ini akan menjadi kewenangan bagi Bawaslu Kabupaten Manokwari untuk mengawasi gerak-gerik dari seluruh calon juga seluruh partai politik yang berpotensi menggunakan money politik di dalam kontestasi pemilu pada 14 Februari yang akan datang .

Baca Juga :   Satu TPS-Nya PSU, PPK Sopai Mulai Pleno Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara Pemilu 2024 Hari Ini

” Mari kita cerdaskan seluruh rakyat kita dengan tidak menggunakan money politik dalam pemilu tahun 2024 ini ” Harap Bupati

Pihaknya menghimbau kepada Semua kepala distrik sesuai instruksi bupati agar bisa mengawla semua distribusi logistik terutama surat suara dan juga kotak suara sampai ke TPS semuanya berjalan dengan aman dan lancar .

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari Samsudin Renuat, menyampaikan Tentang pelaksanaan kampanye ada masa tenang dan masa tenang itu telah diamanatkan bahwa selambat-lambatnya satu hari sebelum proses pemungutan suara itu dilakukan pembersihan APK alat peraga kampanye dalam semua jenis apapun dan bahan kampanye.

Menurutnya, sesuai dengan amanat undang-undang Bawaslu pada kesempatan ini melaksanakan penertiban sekaligus pembersihan semua jenis APK dan bahan kampanye sehingga menuju pemungutan suara itu tidak ada lagi bahan alat peraga kampanye yang terpasang di dalam kota Manokwari sehingga membuat Pemilu merasa aman nyaman dan tenang dalam menyalurkan hak suaranya di tanggal 14 Februari 2024 ini di masing-masing TPS.

Baca Juga :   Miliki Segudang Pengalaman, Pemilu 2024, Filep Wamafma Kembali Bertarung Optimis Meraih Suara Rakyat

Adapun tim yang dilibatkan dalam penertiban APK dari unsur Bawaslu, Satpol PP, kepolisian dan juga kejaksaan untuk sama-sama berpartisipasi dalam pembersihan APK pada hari ini dan ditargetkan tanggal 11 dan 12 semua apk dan bahan kampanye telah ditertibkan dalam kota Manokwari.(Red/*)

Pos terkait