Bupati Toraja Utara Hadiri Panen Cabai dan Tomat di Kelurahan Tallang Sura” Kecamatan Buntao

  • Whatsapp

Toraja Utara-kabartimur.com. Bupati Toraja Utara melakukan panen cabai dan tomat di Kec. Buntao kelurahan Tallang Sura”

Hadir Kepala Dinas Pertanian & Perikanan Salvius Pasang, Camat Buntao Ahady Tandirerung, Lurah Tallang Sura’ S.W.P Danduru, Kepala Bagian Humas Toraja Utara Fitra, Sekretaris Ketahanan Pangan Arung Buntu Lipa’ dan Koodinator Penyuluh Kabupaten Muhammad Bahman.

Sambutan Ketua Tokoh Masyarakat Kec. Buntao bpk.Tilang Tandirerung yang akrab disapa Pong Barumbun dalam sambutannya mengucapnya terima kasih kepada bapak Bupati Toraja Utara yang telah mencanangkan program 100 hari kerja untuk siap berswasembada pangan di bidang cabai dan tomat karena semua itu sudah dirasakan Masyarakat Tallang Sura’ karena kami tidak membeli cabai dan tomat lagi dari luar, ujarnya.

Program 100 hari kerja Bupati di Kombongan Kalua’ sukses dilaksanakan di Kecamatan Buntao dan pada tahun 2017 nantinya Kec. Buntao kelurahan Tallang Sura’ harus nomor satu dalam pungutan pajak, ucap Tilang Tandirerung.

Luter Patallang selaku Ketua Kelompok Tani di Tallang Sura’ menambahkan selama -+70 tahun lokasi ini belum pernah di kunjungi oleh Bupati dan Kalatiku Paembonan adalah Bupati Toraja Utara pertama yang menginjakan kaki di dusun ini, kata Luter Patallang.

Hal demikian telah dirasakan karena banyaknya opini dari masyarakat bahwa harga cabai (lombok) telah turun harga dipasaran, dikarenakan banyaknya masyarakat sudah berswasembada pangan atau menanam di pekarangan rumah masing-masing khususnya tanaman cabai dan tomat, pungkas Ketua Kelompok Tani Tallang Sura’.

Dalam sambutannya Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan mengatakan sangat senang dan terkejut melihat sebuah prestasi dan upaya untuk memberdayakan masyarakat terutama dari segi bagaimana mengkonsumsi makanan yang sehat, ucap Kalatiku Paembonan.

Usai panen di Denpina beberapa pekan lalu namun Cabai di Kec. Buntao tidak jauh beda dengan cabai di Denpina yang membedakan hanya Cabai di Kelurahan Tallang Sura’ daunnya lebih sedikit dan cabainya lebih banyak, ujarnya.

Untuk mengkonsumsi tanaman sehat dan bagaimana meningkatkan pendapatan masyarakat, apabila dikembangkan terus akan menghasilkan perekonomian yang baik, masyarakat dapat hidup sejahtera dan makmur, imbuhnya.

Untuk pasar modern di perkotaan khususnya di Toraja Utara seperti Alfamart, Alfamidi, Indomaret agar dapat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengelola tanaman cabai dan tomat dari masyarakat atau diperdagangkan sehingga hal ini dapat meningkatkan mutu pendapatan masyarakat dan perusahaan terkait, jelas Bupati Toraja Utara.

Jenis cabai yang dipanen hari ini adalah Cabai Cakra, Cabe Rawit dan Cabe Biasa dilaksanakan oleh Kelompok Tani Rante AA’ dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Sikamali’ Kec. Buntao Kelurahan Tallang Sura’.(John Brahman).